Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Februari 2019. ANTARA

Jakarta, Jurnalpublik.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur membenarkan adanya video surat suara yang tercoblos di Selangor, Malaysia.

Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, menyampaikan bahwa video itu bukan hoaks.

“Dari perbincangan yang ada ini bukan hoaks,” kata Rahmat Bagja saat dihubungi Kompas (11/4/2019).

Rahmat Bagja menjelaskan bahwa Panwaslu akan menyelidiki keaslian surat suara, tempat dan waktu kejadian pencoblosan surat suara tersebut.

“Kan harus diteliti surat suaranya asli atau tidak, apakah memang surat suara dari KPU atau bukan, kemudian di mana kejadiannya. Kan ada beberapa video, ada yang lagi nyoblos, itu dari pengawas yang sama atau tidak,” ujar Rahmat Bagja.

Rahmat Bagja juga menambahkan Panwaslu akan menyelidiki berapa banyak surat suara yang tercoblos.

“Kita harus cek jangan sampai nanti hanya beberapa sampel tapi kemudian merusak semua 5.500 surat suara itu,” tambah Rahmat Bagja.

Sebelumnya, beredar video amatir yang menunjukan sudah tercoblosnya surat suara untuk pemungutan Pemilu 2019 di Malaysia.

Seperti negara-negara lainnya, surat suara untuk Pemilu 2019 di Malaysia sudah dikirim sejak Maret 2019.

Sedang pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia dengan metode TPS dan kotak suara keliling baru akan digelar Minggu (14/4/2019).

Tinggalkan Komentar