Hawaii, Jurnalpublik.com – Teknologi komunikasi era 5G tidak lama lagi akan bisa dinikmati.

Memang belum akan dirasakan di Indonesia, tetapi setidaknya memberikan secercah harapan bahwa era baru mobile internet bakal segera hadir.

Kepastian tentang hadirnya penerus jaringan telekomunikasi 4G ini muncul dalam acara Snapdragon Tech Summit 2018 yang digelar oleh produsen semikonduktor Qualcomm di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, 4-6 Desember 2018, sebagaimana dirilis oleh tribunjogja.com.

Pada hari pertama acara tersebut, President Qualcomm Incorporated Cristiano Amon mengatakan, Qualcomm beserta para produsen smartphone dan operator seluler di industri telekomunikasi bekerja sama membangun ekosistem 5G agar bisa dinikmati lebih cepat.

Jika dua tahun lalu muncul rencana bahwa 5G akan mulai diterapkan pada 2020, kini petanya berubah karena ternyata tahun depan bakal ada ponsel yang mendukung jalur telekomunikasi anyar tersebut.

Kemarin, Qualcomm memperkenalkan system on-chip (SoC) terbarunya untuk platform mobile, yakni Snapdragon 855 yang bakal mendukung konektivitas 5G lewat tambahan modem Snapdragon X50.

Sementara itu, sejumlah produsen ponsel juga tengah bersiap menghadirkan smartphone berkemampuan 5G.

Samsung, misalnya, berancang-ancang meluncurkan ponsel 5G pada semester pertama 2019.

Samsung tidak menyebutkan nama ponsel tersebut, namun perangkat ini disinyalir merupakan smartphone flagship seri Galaxy S berikutnya, yakni Galaxy S10.

Vendor ponsel lainnya juga sedang menyiapkan perangkat serupa, antara lain Google, Motorola, OnePlus, Asus, LG, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.[]

Tinggalkan Komentar