Muhammad Faiz Rozi Caleg DPR RI Dapil jabar VII (Kab Bekasi, Kab Karawang, Kota Purwakarta) seang berbicara didepan audiens.

Jurnalpublik.com – Muhammad Faiz Rozi, Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Purwakarta) nomor urut 1 dari Partai Garuda, berkomitmen mendorong pemerintah agar memperhatikan hak-hak buruh di Purwakarta.

Beberapa hak  buruh yang ditekankan oleh Faiz  yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah jaminan keselamatan, kesehatan, juga perlindungan bagi para buruh Purwakarta.

“Kesejahteraan buruh juga harus diperhatikan. Makanya, saya pastikan buruh di Purwakarta itu mendapatkan jaminan keselamatan, kesehatan dan perlindungan kerja,” ungkap Muhammad Faiz Rozi kepada wartawan.

Muhammad Faiz Rozi ingin memastikan bahwa kesejahteraan masyarakat Purwakarta terus meningkat, terpenuhi 3 jaminan tersebut merupakan indikasi dari kesejahteraan para buruh itu sendiri.

Muhammad Faiz Rozi menilai, Keselamatan buruh adalah prioritas, bagaimana pemerintah mendukung keselamatan para buruh dengan menekankan kepada perusahaan agar memperhatikan sisi keselamatan buruh, baik dari konstruksi bangunan tempat mereka bekerja, maupun resiko lainnya yang mengancam keselamatan buruh.

Jaminan kesehatan mereka juga harus diperhatikan, Muhammad Faiz Rozi mendorong pemerintah agar menekankan perusahaan menanggung beban biaya yang dialami pekerjanya ketika mereka sakit, karena hal itu salah satu hak buruh/pekerja.

Sisi lain yang tak kalah penting adalah perlindungan para buruh, di mana para buruh diberi perlindungan besar di mata hukum, sehingga mereka benar-benar bisa mendapatkan hak-hak mereka. Salah satu masalah yang sering dialami para buruh adalah PHK secara sepihak. Ketika perlindungan hukum para buruh berjalan, maka dipastikan tidak akan adanya PHK secara sepihak.

Semua aspek hak buruh tersebut akan berpengaruh terhadap produktifitas mereka dalam bekerja. Hal ini jelas akan mempengaruhi kemajuan suatu daerah. Termasuk Purwakarta.

3 hak itu dijelaskan secara gamblang di Bab X  Pasal 86 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Maka sudah sepatutnya pemerintah menekankan perusahaan agar lebih memperhatikan apa yang menjadi hak para buruh.

Muhammad Faiz Rozi dikenal peduli terhadap buruh Purwakarta, hal itu ditunjukkan melalui perhatiannya terhadap hak-hak para buruh di Purwakarta.

Berangkat dari kepeduliannya, Muhammad Faiz Rozi ingin berkomitmen memperjuangkan apa yang memang seharusnya menjadi hak para buruh di Purwakarta.

“Ini bentuk komitmen saya untuk memperjuangkan hak-hak buruh. Keselamatan kerja itu yang paling penting. Makanya saya siap perjuangkan apabila ada buruh yang tidak dapat jaminan keselamatan dalam bekerja,” jelasnya.

Menurutnya, buruh merupakan salah satu faktor untuk bisa menumbuhkan pembangunan di sebuah daerah. Perhatian terhadap buruh juga akan memberikan dampak terhadap kualitas SDM itu sendiri.

“Kalau buruh diperhatikan, pembangunan di daerah juga akan semakin baik. Buruh dan tenaga kerja itu modal penting kemajuan bangsa,” tutup Faiz.[]

Tinggalkan Komentar