Deklarasi Garbi Chapter Bekasi Raya

Bekasi, Jurnalpublik.com – Puluhan pemuda Kota Bekasi mendeklarasikan organisasi kepemudaan Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi), Jum’at (05/10/2018) di Caffe Stadion Aja, Medansatria, Kota Bekasi. Organisasi ini dideklarasikan atas dorongan cita – cita melunasi hutang kemerdekaan Indonesia yang akan berusia 100 tahun.

“Kami menilai perlu adanya upaya untuk melunasi hutang dan mempercepat terwujudnya tujuan kemerdekaan,” tegas Adi Samsuito Siregar atau Bung Adi, Ketua Garbi Chapter Bekasi Raya.

Bung Adi juga mengatakan bahwa Garbi merupakan bentuk aksi sekaligus ekspresi penghormatan kepada jutaan pahlawan yang rela berkorban untuk tegaknya kemerdekaan negeri, khususnya di wilayah Bekasi Raya.

Saat ini potensi Pemuda Bekasi Raya berlimpah, Bung Adi melanjutkan. Mereka tersebar di berbagai lini kehidupan. Ada yang beraktivitas di sektor wirausaha, pemerintahan, peneliti, pendidik, korporasi, seni budaya dan lainnya. Menurut Bung Adi, hal tersebut merupakan berkah dari bonus demografi. Perlu menggalang semua potensi pemuda  menuju arah cita-cita kemerdekaan Indonesia.

“Perlu sebuah wadah yang bisa mengakomodir dan sekaligus menyalurkan potensi pemuda. Mereka harus kita libatkan dalam proyek menjadikan Indonesia sebagai kekuatan baru dunia. Kekuatan 5 besar dunia. Perlu dirigen yang bisa menggalang kekuatan kaum muda,” kata Bung Adi.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Garbi Chapter Bekasi Raya, Andien mengatakan bahwa Garbi Chapter Bekasi Raya ini harus bisa menjadi rumah bagi Pemuda Bekasi Raya untuk mengembangkan kemampuannya hingga dapat memberikan  kontribusi pada kemajuan bangsa.

Ia berharap Pemuda Bekasi Raya menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengoptimalkan potensi pemuda dalam memajukan Indonesia. “Kami akan memfasilitasi kekuatan pemuda Bekasi dalam menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka. Mengolaborasikan semua potensi. Karena yang kita butuhkan saat ini kolaborasi dan karya untuk Indonesia serta dunia,” ujar Andien.

Selain itu, tokoh nasional yang juga merupakan Anggota DPR RI Mahfudz Siddiq menegaskan bahwa Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) sama sekali tak memiliki hubungan dengan parpol tertentu.

Hal ini dikatakan Mahfudz Siddiq saat memberikan orasi kebangsaan pada deklarasi Garbi Daerah Bali di pelataran Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Sabtu (06/10/2018).

“Garbi ini adalah murni ormas kebangsaan, tidak ada kaitan kelanjutan dari parpol tertentu,” Tegas Mahfudz Siddiq.

Mahfudz Siddiq juga mengatakan bahwa Garbi lahir disebabkan kekosongan narasi dalam berbangsa dan bernegara.

 

Tinggalkan Komentar