Lombok, Jurnalpublik.com – Coba perhatikan klaim dari Pemerintah di atas. Katanya Kemensos kemarin memberikan bantuan kepada korban gempa di Kabupaten Sumbawa senilai 89,8 Miliar rupiah. Tapi begitu dirinci, ternyata itu include dana sosial untuk Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera (Rastra), dan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Tiga item di atas adalah program rutin pemerintah pusat sejak zaman Susilo Bambang Yudhoyono, bahkan sejak zaman Orde Baru dulu. Artinya, ada gempa ataupun tidak, dana itu pasti turun ke masyarakat. Lalu sekarang itu diklaim sebagai bantuan korban gempa. Ini baru dari Kemensos. Ini baru di Sumbawa saja.

Jadi kawan-kawan, janganlah mudah tercengang dengan angka-angka super besar yang disebut Pemerintah pusat telah dikeluarkan untuk korban gempa Lombok-Sumbawa. Inilah yang mereka sebut sebagai “Penanganan Nasional”. Bagi saya, ini adalah “Pembodohan Nasional”.

M.N. Jihadi
Koordinator Jaringan Nasional #KoinUntukNTB

Opini yang terkandung di dalam artikel ini adalah milik penulis pribadi, dan tidak merefleksikan kebijakan editorial Jurnalpublik.com