Bogor, Jurnalpublik.com – Ikatan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Universitas Indonesia, Kerukunan Peserta Pendidikan Dokter Spesialis lmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ikatan Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Insitut Pertanian Bogor, dan Himpunan Mahasiswa Muslim Universitas Indonesia, bekerjasama mengadakan bakti sosial kesehatan dan qurban di Desa Sukakarya, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor tanggal 25-26 Agustus 2018.

Acara ini merupakan acara besar yang dilakukan oleh segenap ikatan penerima beasiswa dan mahasiswa UI, melibatkan 75 orang dokter peserta pendidikan dokter spesialis FKUI dan 40 orang mahasiswa pascasarjana UI. Dengan tujuan ikut berpartisipasi dalam membangun masyarakat Indonesia, terutama dari aspek kesehatan, bakti sosial ini diharapkan mampu memberikan manfaat dan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung. “Desa ini tidak memiliki fasilitas Puskesmas ataupun Rumah Sakit. Sehingga, dapat dikatakan bahwa warga Desa Sukakarya memiliki kendala untuk dapat mengakses fasilitas kesehatan. Kesadaran dan minat warga untuk menjaga kesehatan masih tergolong minim karena terbatasnya sosialisasi yang didapatkan masyarakat. Oleh karena itu, kami tergerak untuk mengadakan bakti sosial kesehatan disini.” Ungkap dr. Tulus Widyanto, selaku Wakil Ketua Panitia pada acara ini.

Tidak hanya bakti sosial kesehatan, juga diadakan bakti sosial qurban yang diadakan bertepatan 1 hari sebelum bakti social kesehatan. Alasan diadakan bakti sosial qurban juga diungkapkan oleh Haris Setiawan, penerima beasiswa LPDP IPB, “Bakti sosial qurban diharapkan dapat menjadi ajang agar mahasiswa dan masyarakat mampu merayakan hari besar Idul Qurban secara bersama-sama agar menjadi momentum kita untuk saling berbagi kepada masyarakat yang kurang beruntung.”

Selain mengadakan kegiatan yang bertema kesehatan dan qurban, bakti sosial ini juga mengadakan bazar dan pemberian donasi kepada anak yatim/yatim piatu untuk menumbuhkan rasa saling berbagi antar sesama dan menumbuhkan rasa kepedulian.

Kami, sebagai penerima beasiswa LPDP UI dan para peserta dokter spesialis patut bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh negeri ini kepada kami agar kami dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, oleh karena itu bakti sosial ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kami kepada negeri kami dan masyarakat bangsa ini, dimana masih banyak orang-orang yang belum beruntung, menjadi tanggung jawab kami (para pemuda Indonesia) untuk membangun negeri ini, salah satunya dengan membangun masyarakatnya.” tutup Joko Kisworo, selaku ketua panitia acara. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.