Secara keseluruhan saya mengapresiasi pembukaan Asian Games, dan juga mengapresiasi ide film pendek yang membuat angle menarik masuknya Presiden Jokowi ke lokasi Asian Games yang saat ini menjadi viral, tidak hanya di Indonesia tapi juga dibelahan Asia. Saya kira idenya menarik. Ini bagian dari cara Indonesia untuk menunjukan kepada bangsa-bangsa lain, bahwa Indonesia memiliki generasi-generasi yang kreatif.

Dari Pembukaan Asian Games tersebut tergambar bahwa Indonesia adalah negara yang besar, beraneka ragam budaya, namun dalam kesatuan harmoni. Ada didalamnya generasi-gengerasi yang unggul, kreatif, inovatif yang menjadi keunggulan utama dalam persaingan ekonomi d idunia era baru. Saya kira pesan ini harus sampai kepada negara lain, agar Indonesia tetap menjadi bangsa yang disegani. Melalui Asian Games merupakan ajang yang baik, karena seluruh Asian hari ini mata tertuju ke Indonesia dengan pesta akbar olahraga Asian Games.

Namun demikian saya juga memiliki kritik terhadap Video ini yang saya kira juga penting. Saya melihat, Video ini tidak menggambarkan empati terhadap banyak persoalan di masyarakat terutama bencana besar yang sekarang terjadi di Lombok. Saya kira video tersebut menjadi kurang pantas.

Keheranan saya, sempat juga ya presiden mengalokasikan waktu untuk melakukan shoting secara khusus. Jika saya lihat videonya, Presiden Jokowi melakukan adegan dan take shooting mungkin bisa 7-10 kali take adegan. belum jika ada pengulangan take. Dan jika melihat hasil gambar, film tersebut menggunakan standart film bukan camera biasa, artinya direncanakan dengan baik. Pasti Presiden mengalokasikan waktu satu hari paling tidak untuk video ini. Kok sempat, Presiden shooting film seperti ini ditengah banyak persoalan, kalaupun sempat, paling tidak empati.

Kritik saya yang kedua tentang video ini, tidak menonjolkan Atlet sebagai aktor utama, namun justru terlalu menonjolkan figur Presiden yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Karena ini arena Asian Games, adalah arena panggung para Atlet untuk berprestasi. Dalam video itu justru yang dibangun adalah citra Presiden bukan membangun kejuangan Atlet.

Kita lihat sekarang ini, bukan para Atlet yang menjadi sorotan publik sekarang justru malah Presiden Jokowi yang dianggap keren karena naik motor ke GBK yang padahal itu hanya sekedar film pendek. Akan lebih baik, jika film pendek yang dibuat adalah film tentang perjuangan para Atlet sehingga menggugah semangat para pemirsa untuk mendukung dan menonton.

Sebagai penutup, saya mendoakan agar Asian Games dapat berjalan dengan lancar dan para Atlet mendapatkan prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan negara. Indonesia adalah bangsa yang besar, saatnya Indonesia menunjukan kepada dunia.

Dan untuk warga masyarakat Lombok yang saat ini sedang berjuang menghadapi bencana, semoga diberikan kemudahan, dan kita berdoa, agar Presiden Jokowi terketuk hatinya agar segera ditetapkan sebagai bencana Nasional sehingga support dari alokasi bantuan semakin optimal.

Arka Atmaja
Aktifis Media Sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.