Indonesia pastikan lolos ke semifinal piala AFF U-16 2018 setelah kalahkan Timor Leste 3-0. Foto : PSSI

Sidoarjo, Jurnalpublik.com – Pada sabtu (4/8/2018) Stadion Gelora Delta, Sidoarjo kembali menjadi saksi kemenangan timnas Indonesia U-16 pada laga lanjutan Piala AFF U-16 2018 . Indonesia U-16 mampu konsisten menjaga tren kemenangan dengan berhasil mengalahkan Timor Leste U-16 dengan skor 3-0.

Pada awal pertandingan David Maulana dkk mendapat perlawanan sengit dari Timor Leste. Timor Leste U-16 mampu membendung serangan Indonesia. Kebuntuan ini juga menurunkan akurasi tembakan-tembakan yang dilakukan pemain Indonesia ke gawang lawan.

Banyak peluang terlewatkan. Termasuk saat  Bagus Kahfi berhadapan satu lawan satu dengan kiper pada menit ke-13. Tak lama Kartika Verdhayanto kembali mendapat peluang namun masih menghantam mistar gawang dan gagal mencetak gol.

Pelatih fakhri kembali merotasi pemain dengan memasukkan Supriadi di pertengahan babak pertama. Strategi yang serupa saat menghadapi Vietnam. Namun, kali ini rotasi belum efektif terlihat hasilnya. Pergantian pemain belum memecahkan kebuntuan. Hingga akhir babak pertama skor masih 0-0.

Akhirnya pada menit ke-49 Bagus Kahfi berhasil mencetak skor dengan memanfaatkan crossing dari Salman. Keunggulan bagi Indonesia. Skor 1-0. Tidak puas dengan hasil ini Indonesia terus melakukan serangan.

Serangan kembali berbuah hasil. Pada menit ke-72 Zico merubah kedudukan menjadi 2-0 setelah mampu mengkonversi umpan dari Kahfi menjadi gol. Marcio Dores kembali memungut bola dari gawangnya sendiri.

Patut diapresiasi dalam sisa waktu dan unggul 2-0 permainan timnas Indonesia U-16 masih terus agresif.  Serangan demi serangan dilakukan. Pada akhir pertandingan Bagus Kahfi berhasil melewati tiga pemain lawan dan menggandakan keunggulan menjadi skor 3-0 bagi Indonesia.

Atas kemenangan tersebut timnas Indonesia U-16 memastikan lolos ke babak semifinal dengan raihan 12 poin meskipun masih menyisakan satu pertandingan lagi menghadapi Kamboja. Pelatih Fakhri dalam laman resmi PSSI mengatakan akan mengincar posisi puncak klasemen dan mempertahankan tren positif kemenangan hingga seluruh laga grup selesai.

Ada hal unik pada laga-laga timnas Indonesia U-16 pada ajang Piala AFF U-16 2018 kali ini. Sambutan suporter yang hadir di stadion sangat luar biasa. Penonton membuat koreografi-koreografi unik termasuk dengan mengelilingkan bendera. Para pemain pun membalas antusiasme sambutan suporter dengan berkeliling stadion pasca pertandingan.

Tinggalkan Komentar