Tekuk Vietnam, Jalan bagi Indonesia Ke Semifinal Piala AFF U-16 2018 semakin mulus. Foto : PSSI

Jurnalpublik.com –  Dengan Skor meyakinkan 4-2 Timnas Indonesia mampu membuat Vietnam bertekuklutut pada lanjutan Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (2/8/2018).

Permainan agresif dilakukan timnas Indonesia U-16 sejak kick off dimulai. Vietnam mendapat tekanan keras dari David Maulana dkk. Beberapa peluang tercipta, namun upaya mencetak gol cepat belum berhasil, Kiper Duy Dung dan para pemain belakang Vietnam bekerja keras membangun benteng pertahanan.

Menjelang menit ke-6 terjadi kemelut di depan Gawang Indonesia. Komang Teguh pemain dengan nomor punggung 16 mencoba membuang bola rebound namun tendangannya terlalu lemah sehingga bisa mampu dimanfaatkan pemain Dinh Thanh Thung menjadi gol pertama bagi Vietnam.

Tim asuhan Fakhri Husaini tak menjadi drop mentalnya setelah tertinggal 1-0. Garuda Muda malah semakin agresif mengembangkan serangan kepada Vietnam. Namun beberapa peluang mampu diredam kiper Vietnam.

Keputusan tepat dilakukan Fakhri Husaini. Melihat masih bekunya hasil permainan Fakhri memasukkan Mochamad Supriadi untuk mengganti Amanar pada menit-27, agar serangan lebih berkembang lagi.

Pemain pengganti bernomor punggung 11 ini langsung mampu memecah kebuntuan dengan mempersembahkan gol pertama bagi Indonesia. Melalui aksi individu dari sisi kanan pertahanan Vietnam, Supriadi berhasil melewati tiga pemain lawan dan memaksa kiper Vietnam memungut bola dari gawangnya sendiri.

Skor 1-1 imbang tetap bertahan hingga akhir babak pertama. Indonesia beberapa kali mendapat peluang emas untuk menambah gol namun belum beruntung hingga wasit meniup peluit.

Pada abak kedua Pelatih Fakhri kembali melakukan rotasi pemain. Bagus Kahfi diturunkan menggantikan Sutan Zico dan Fajar Fathur Rahman menggantikan Yadi Mulyadi.

Kembali pemain pengganti memberi kontribusi. Wasit memberikan hadiah penalti saat David Maulana dilanggar pemain Vietnam. Kahfi berhasil mengeksekusi gol pada menit ke-45.

Vietnam berusaha membalas ketika dengan counter attack yang cukup cepat. Hingga umpan silang ke kotak penalti tidak mampu diantisipasi pemain belakang Indonesia, bola mengarah ke pemain depan Vietnam tanpa kawalan, namun tembakannya masih melambung tipis dari gawang Ernando.

Tak puas dengan hasil imbang David Maulana dkk terus melakukan tekanan. Adalah Bagus Kahfi kembali mencetak gol untuk Indonesia pada menit ke-60. Memanfaatkan assist dari saudara kembarnya, Bagas setelah melakukan aksi individu impresif sebelum memberikan umpan.

Kondisi permainan semakin memanas usai gol yang membuat Garuda Muda lebih unggul. Gesekan fisik tak terelakkan. Terjadi insiden pertengkaran antar pemain diantaranya Bagas dan Nguyen Hoang. Wasit mengganjar kartu merah untuk masing-masing pemain, Vo Nguyen Hoang dan Bagas Kaffa, dipaksa turun lapangan lebih dulu.

Tekanan lawan cukup menyulitkan Timnas Indonesia, Kali ini Komang melakukan kesalahan dengan menjatuhkan pemain Vietnam di kotak penalti, wasit memberikan hadiah bagi Vietnam. Dinh Thanh Thuong menyumbangkan gol kedua untuk Vietnam pada menit ke-73 setelah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Permainan berlangsung sangat sengit, Vietnam tak menyerah terus mencoba meruntuhkan pertahanan Indonesia. Namun pertahanan Garuda muda cukup solid, bahkan mampu menambah keunggulan melalui gol Andre Oktaviansyah dengan pada menit ke-84. Hasil skor 4-2 tidak berubah hingga babak kedua berakhir.

Dengan hasil ini timnas Indonesia U-16 memperkokoh posisinya di puncak Grup A, setelah mengalahkan Vietnam U-16 dengan memberikan perlawanan yang cukup tangguh. Masihada dua laga tersisa yakni kontra Timor Leste pada Sabtu (4/8/2018) dan Kamboja di hari Senin (6/8/2018).

Tinggalkan Komentar