Semarang, JurnalPublik.com – Rencana Safari dakwah Ustad Abdul Somad di Semarang yang akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli 2018 di Semarang sempat terganggu oleh adanya penolakan PGN (Patriot Garuda Nusantara) yang didalangi oleh Gus Nuril. PGN mengirimkan surat yang ditujukan kepada Polda Jawa Tengah dan menuntut agar rencana Tablig Akbar tersebut dibatalkan.

Gus Nuril dan PGN beralasan Ustad Abdul Somad berbahaya bagi kebhinekaan dan bisa menjadi sumber radikalisme. Dalam surat yang di tandatangani Gus Nuril tersebut menuduh bahwa acara Tabligh UAS diselenggarakan oleh organisasi radikal yang berpotensi mendongkel Dasar Negara Pancasila dengan ideologi khilafah.

Gus Nuril sendiri merupakan sosok Kyai yang kontroversial, Gus Nuril pernah mengangkat Ahok sebagai santri kehormatan 18 Maret 2017. Ahok yang telah melakukan penistaan agama dan bukan beragama muslim justru diangkat sebagai santri. Pengangkatan Ahok ini mendapatkan kecaman keras di publik.

Mendapatkan hambatan dari PGN dan Gus Nuril, Safari dakwah UAS ternyata justru mendapatkan simpati dari publik dan mendukung agar tetap terselenggara. Direncanakan Safari dakwah UAS tetap berjalan. Dikonfirmasi melalui perwakilan Kemenag Kota Semarang Syarif Hidayatullah, persiapan safari dakwah UAS sudah mencapai 90% dan siap untuk diselenggarakan.

“Pihak koordinator panitia Muhammad Yunus & Siswanto (Takmir Masjid Jatisari Mijen) serta Faisal (Masjid Al Hikmah Pedurungan Kidul) menyampaikan bahwa persiapan pengajian UAS, baik yang di Pedurungan, Unissula maupun di Jatisari Mijen sudah mencapai 90% dan juga mendapatkan dukungan kuat dari warga masyarakat,” papar Syarif Hidayatullah.

Adapun Tabligh Akbar UAS ini rencananya akan dilaksanakan di Unissula pada  hari Senin 30 Juli pukul 13.00 sd selesai. Jadwal berikutnya UAS akan menyampaikan ceramahnya di Lapangan Leboh Raya Pedurungan Kidul pada hari Senin 30 Juli pukul 20.00 sd selesai. Selanjutnya juga Ustadz Abdul Somad dijadwalkan akan mengisi pengajian di Masjid Jami’ Jatisari BSB Mijen pada hari Selasa 31 Juli jam 05.00 WIB, Ba’da Sholat Subuh. (ar)

Tinggalkan Komentar