Senyum Anis Matta dalam agenda nonton bareng Film Wage

Jakarta, jurnalpublik.com – Dalam hitungan menit, Piala Dunia Rusia akan segera berakhir dan menghadirkan jawara baru. Pertandingan pamungkas ajang lima tahunan ini mempertemukan jawara 20 tahun silam, Prancis melawan Kroasia di babak final. 20 tahun lalu pula, kedua negara ini pernah bertemu di babak semi final Piala Dunia 1998 Prancis. Berbagai prediksi keluar menjagokan masing-masing tim beserta analisisnya. Lalu bagaimana sosok Muhammad Anis Matta melihat final Piala Dunia kali ini?

Melalui siaran pers yang diterima jurnalpublik.com, mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, “Hubungan olahraga dan politik sangat menarik untuk dibahas”. Ujarnya. “laju Kroasia ke final Piala Dunia FIFA sangat fenomenal. Negara kecil yang merangsek kekuatan-kekuatan established sepak bola dunia. Apalagi negara-negara Eropa Timur sudah lebih setengah abad tidak ada yang masuk final”. Tambahnya.

“Perlu ada kajian korelasi antara Perang Dingin dengan performance negara-negara Eropa Timur dan eks-komunis. Terkahir kali, negara Eropa timur yang lolos ke final Piala Dunia adalah Cekoslovakia tahun 1962, sebelumnya Hongaria pada 1938 dan 1954”. Ulas Anis.

Pengamat politik Internasional ini juga mengulas sempat adanya wacana boikot terhadap Rusia akibat insiden Krimea dan Ukrana, namun tidak menjadi tindakan resmi negara.

Banyak yang mencoba menghubungkan antara ukuran neara dan prestasi Sepak bola di tingkat dunia. China, India, Indonesia sebagai negara dengan populasi besar, namun prestasinya belum istimewa.

Anis Matta menilai, “yang luput dari penglihatan, pemain Kroasia adalah talenta-talenta di klubnya masing-masing. Modric di Real Madrid, Rakitic di Barcelona, Mandzukic di Juventus, dan masih banyak lagi.  Sepak bola telah menjadi industri berskala global. Globalisasi sepak bola industri ini membuat kekuatan negara-negara relatif merata. Tidak ada lagi negara “adidaya” di Sepak bola”. Papar pria yang akrab dengan hastag #ArahBaruIndonesia ini.

Di final kali ini , Anis Matta mendukung tim Kroasia untuk menjadi juara. Kata Anis, agar ada wajah baru di elit sepak bola dunia. Terakhir, Anis Matta memberikan support kepada sepak bola Indonesia agar dapat tampil di pentas dunia.

“Semoga Indonesia akan bersuara di panggung sepak bola dunia. Kobarkan semangat Indonesia!”. Tutup Anis.

 

Tinggalkan Komentar