Thibaut Curtois, Kiper Timnas Belgia

Moscow, Jurnalpublik.com – Peran kiper atau sang penjaga gawang dalam sebuah tim sangat krusial. Apalagi di sebuah turnamen singkat seperti Piala Dunia.

Ada banyak kiper papan atas yang berlaga di gelaran Piala Dunia 2018 kali ini. Nama-nama besar seperti David De Gea, Manuel Neuer, Thibaut Courtois, Hugo Lloris, Daniel Subasic, Kasper Smeichel, dll.

Timnas Kroasia yang melaju ke final, boleh dibilang tim yang langkahnya ditentukan oleh sang kiper. Ini karena Kroasia dua kali menang di babak gugur melalui adu tos-tosan.

Persaingan merebutkan penghargaan Golden Glove atau Sarung Tangan Emas di Piala Dunia 2018 lumayan sengit. Biasanya hanya kiper-kiper yang timnya lolos sampai final yang berpeluang menyabet Golden Glove.

Satu-satunya kiper yang meraih Golden Glove tetapi timnya tidak lolos ke final ialah Luis Gabelo Conejo. Kiper asal Kosta Rika tersebut meraih Golden Glove bersama kiper Argentina Sergio Goycochea pada Piala Dunia 1990.

Manuel Neuer (2014), Iker Casillas (2010), Gianluigi Buffon (2006), Oliver Kahn (2002), dan Fabien Barthez (1998) menjadi peraih Golden Glove pada lima Piala Dunia sebelumnya. Pada tahun 2018 ini setidaknya ada empat kiper yang diprediksi dapat penghargaan kiper terbaik.

Pertama, Thibaut Courtois (Belgia). Ia tercatat melakukan 25 penyelamatan sepanjang Piala Dunia 2018. Ini belum termasuk laga perebutan juara ketiga dan keempat. Penampilannya sangat gemilang saat timnya, Belgia berhadapan dengan Brazil.

Kedua, Jordan Pickford (Inggris). Ia tercatat melakukan 15 kali penyelamatan. Di gelaran Piala Dunia kali ini Pickford menunjukkan performa yang cukup apik. Terutama di babak 16 besar dan perempat final ketika Inggris menyingkirkan Kolombia dan Swedia.

Ketiga, Danijel Subasic (Kroasia). Ia tercatat melakukan 12 penyelamatan sepanjang Piala Dunia 2018. Subasic berhasil membawa timnya lolos ke final Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya. Subasic membawa timnas Kroasia menang dua kali di babak gugur melalui adu tendangan pinalti.

Terakhir, ada nama Hugo Lloris (Perancis). Ia melakukan 11 penyelamatan sepanjang Piala Dunia 2018. Meski kebobolan tiga gol kala timnya mengalahkan Argentina di babak 16 besar, Lloris berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

Di antara keempat nama tersebut, semuanya memiliki peluang yang sama. Laga terakhir lah yang akan menjadi penilaian siapa yang berhak mendapat gelar bergengsi untuk kategori kiper tersebut.[]

 

Tinggalkan Komentar