Adinda Thomas | Foto: Dok KedaiPena.Com

Jurnalpublik.com – Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang cukup digemari oleh beragam kalangan, baik itu kalangan pelajar, karyawan, pengusaha, bahkan masih ada lansia yang sanggup mendaki gunung. Di Indonesia sendiri, banyak sekali gunung yang bisa ditaklukan, mulai dari gunung yang mudah hingga gunung yang membutuhkan keterampilan khusus. Seperti memanjat tebing, kemampuan bertahan hidup dan keterampilan dalam mengatur stamina.

Hal pertama yang harus dipenuhi bagi setiap orang yang ingin mendaki gunung adalah kesiapan fisik. Mustahil seseorang berpetualang dengan berbagai rintangan dan medan yang dihadapi tanpa persiapan fisik yang kuat.

Demikian dikatakan aktris yang hobi mendaki gunung, Adinda Thomas saat halal bi halal Avtech di ‘Store’ Avtech Setu, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (6/7/2018).

“Saya sendiri terus melakukan latihan fisik, mulai dari lari atau jogging. Gunanya untuk ‘endurance’ dan ketahanan tubuh,” ujar pemeran Vira di salah satu acara TV.

Poin kedua, sambungnya, yakni soal persiapan logistik. Tapi bukan berarti harus borong semua alat-alat yang ada di toko ‘outdoor’.

“Yah intinya kita harus tahu berapa lama perjalanan yang kita tempuh, terus medannya seperti apa. Intinya kenali diri sendiri seperti apa kita ketika saat berhadapan langsung dengan alam,” tegas dia.

“Karena percuma punya peralatan lengkap tapi tidak tahu apa yang ‘urgent’ bagi kita,” tambah petualang yang terkesima dengan keindahan gunung Merbabu ini.

Poin ketiga yaitu lebih pada pembawaan sikap. Ketika mendaki gunung, lanjut Dinda, sapaannya, harus paham dulu, ada beberapa hal yang tidak etis jika dilakukan.

“Tujuan adalah biar kita bisa dekat dan ‘respect’ dengan alam. Jadi usahakan tidak kotor, perhatikan sampah, bertanggungjawab,” papar simpatisan LSPR Adventure ini.

“Dan yang paling utama jaga kekompakan dengan tim, yah ini sih jatuhnya supaya tidak ada yang arogan dan maunya ingin menunjukkan diri sendiri,” jelasnya.

Tinggalkan Komentar