Moscow, Jurnalpublik.com – Pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia kali ini begitu banyak sekali kejutan. Tim juara bertahan seperti Jerman (juara dunia 2014) yang gugur di fase kualifikasi dan tim seperti Spanyol (juara dunia 2010), Argentina (finalis 2014), dan Portugal (Juara Piala Eropa 2016) yang gagal melaju di babak 16 besar.

Dalam beberapa momen piala dunia memang  selalu saja ada kejutan atau disebut tim-tim ‘kuda hitam’. Sebut saja Kroasia (1998), Korea Selatan dan Turki (2002), Ukraina (2006), hingga Kosta Rika (2014) adalah contoh-contoh kejutan terbaik yang pernah terjadi dalam sejarah Piala Dunia.

Pada gelaran kali ini, ada sejumlah tim yang diperkirakan akan mampu mengulangi kisah-kisah kejutan seperti sebelumnya. Berbekal hasil mengesankan selama kualifikasi dan juga kualitas para pemain yang dimiliki, negara-negara ini diperkirakan akan mampu berbicara banyak di Rusia nanti. Dua tim inilah yang saya prediksi bisa membuat kejutan di gelaran piala dunia kali ini:

1. Kroasia

Kroasia di bawah arahan Zlatco Dalic yang saat ini melaju ke babak delapan besar Piala Dunia 2018, berusaha meraih prestasi yang pernah dipersembahkan Blazevic. Luka Modric dkk. ingin menorehkan sejarah baru melebihi torehan yang diraih Davor Suker, Zvonimir Boban, Slaven Bilic dll. di gelaran turnamen serupa.

Cukup realistis jika melihat kondisi skuat Kroasia di Piala Dunia Rusia ini, mereka bisa dibilang sedang dalam performa yang sangat baik. Bahkan saat ini mereka punya materi pemain yang lebih bagus ketimbang Kroasia 20 tahun lalu.

Ada nama-nama besar seperti Luka Modric (Real Madrid), Ivan Rakitic (Barcelona), Dejan Lovren (Liverpool), Mario Mandzukic (Juventus), Ivan Perisic (Inter Milan) dan Danijel Subasic (AS Monaco) yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh lawan.

Pertanyaannya, apakah mereka bisa mengulang sukses di tahun 1998, atau justru lebih baik lagi? Jawabannya akan mampu terjawab paling tidak setelah Kroasia mengalahkan Rusia di babak delapan besar dan melaju ke Semifinal. Kita lihat apakah Luka Modric dkk. akan berhasil atau tidak pada tanggal 7 Juli 2018.

2. Belgia 

Timnas Belgia saat ini merupakan salah satu tim yang layak untuk difavoritkan menjadi juara Piala Dunia 2018. Materi tim yang dimiliki timnas Belgia tidak kalah dengan negara-negara dengan tradisi kuat macam Brasil, Argentina, Prancis, Inggris, dan Spanyol.

Di tim Belgia, setiap posisi punya minimal dua pemain bintang. Nyaris 90 persen nama-nama yang ada merupakan nama pemain yang terkenal dan jadi andalan di klub besar Eropa.

 

Timnas Belgia punya pemain-pemain bagus di tiap posisi.Timnas Belgia punya pemain-pemain bagus di tiap posisi. (Foto: REUTERS/Francois Lenoir)

 

Untuk lini depan, Belgia punya Michy Batshuayi, Romelu Lukaku, dan Dries Mertens. Lini tengah akan diisi gelandang kreatif macam Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Yannick Carracso, hingga Marouane Fellaini.

Bukan hanya tangguh di lini serang, Belgia juga punya materi pemain untuk membentuk pertahanan tangguh. Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Vincent Kompany, dan Jan Vertonghen adalah jaminan nama yang bisa memberikan rasa aman untuk Thibaut Courtois yang bakal bertindak sebagai penjaga gawang.

Menilik usia yang ada, maka Piala Dunia 2018 adalah momen ideal bagi Belgia untuk berprestasi karena mereka ada di era usia emas dan punya cukup jam terbang.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.