Balikpapan, Jurnalpublik.com – Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia. Meski bukan ibukota Kaltim sendiri, kota ini termasuk kota yang cukup maju. Ibukota Kaltim sendiri adalah Samarinda.

Kota ini memiliki perekonomian terbesar di se-antero Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp79,65 triliun pada tahun 2016.

Dari sisi kependudukan, Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur (setelah Samarinda) dengan total penduduk sebanyak 778.908 jiwa, yang merupakan 21.6 % dari keseluruhan penduduk Kaltim.

Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung atau beruang madu. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar).

Meski banyak tempat yang bisa dikunjungi, ada lima tempat yang wajib dikunjungi oleh traveler di kota ini. Beberapa tempat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penangkaran Buaya Teritip

Tempat penangkaran buaya ini lumayan jauh, sekitar satu jam dari pusat kota, tapi saya jamin tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Di sini ada 1.500 lebih buaya hidup. Nah traveler juga bisa kasih makan buaya-buaya ini. Dengan biaya Rp10 ribu/ayam mati. Kita bisa melihat seperti di Natgeowild, di mana saat buaya dikasih makan terlihat rusuh dan seru abis saat mereka rebutan ayam. Oh iya, biaya masuk ke penangkaran ini membayar per orang Rp15 ribu rupiah.

Penangkaran buaya Teritip

2. Pasar Inpres Kebun Sayur

Pada tahun 1983, Walikota Balikpapan, Syarifudidn Yoes meresmikan Pasar Inpres Kebun Sayur yang kemudian sampai sekarang dikenal sebagai salah satu tempat destinasi wisata yang wajib dikunjungi para traveler. Kembali soal nama. Kata “Inpres” yang terselip di nama pasar ini juga menjadi sejarah. Bahwa lahirnya Pasar Kebun Sayur adalah atas dasar Intruksi Presiden (Inpres) Soeharto pada tahun 1981. Sampai sekarang, kata “Inpres” masih dipakai dan terpampang jelas di bagian depan pasar. Tapi jangan dipikir ini tempat jualan sayur ya, tempat ini adalah tempat jual pernak-pernik, souvernir, dan cinderamata khas Balikpapan.

Pasar Inpres Kebun Sayur

3. Pantai Kemala

Balikpapan ternyata punya satu pantai cantik yang wajib dikunjungi traveler, yakni Pantai. Saat mampir ke sini, traveler dijamin akan jatuh hati.

Balikpapan merupakan kota pelabuhan terbesar di pesisir timur Pulau Kalimantan. Kota ini menjadi kota terbesar nomor dua di Kalimantan Timur setelah Samarinda, ibukota provinsi tersebut. Aroma industri kental di Balikpapan, namun di balik itu semua tersimpan pesona pariwisata yang ada di Pantai Kemala.

Pantai Kemala merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digandrungi di Balikpapan. Terutama oleh kawula muda, banyak dari mereka yang memanfaatkan waktu luangnya liburan ke pantai ini.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Kemala adalah saat menjelang sore tiba. Sembari menanti momen matahari terbenam, traveler bisa membunuh waktu dengan berjalan-jalan, bermain air hingga berwisata kuliner.

Pantai Kemala

4. Bukit Bangkirai

Di Pulau Kalimantan sebelah Timur, tepatnya di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, terdapat sebuah obyek wisata Hutan Hujan Tropis yang lebih sering di kenal dengan Bukit Bangkirai.

Dengan luas sekitar 1.500 hektar, Bukit Bangkirai memiliki pemandangan yang tidak biasa. Pohon-pohon yang tumbuh di hutan ini kebanyakan adalah pohon Bangkirai yang memiliki ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan berdiameter 2,3 meter dan sudah hidup lebih dari 150 tahun. Itulah alasan kenapa hutan ini dinamakan dengan Bukit Bangkirai.

Di dalam hutan yang juga bisa dijadikan media pendidikan dan bahkan obyek penetian ini juga terdapat banyak terdapat binatang satwa. Bukit Bangkirai ini juga merupakan hutan konservasi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah. Selain itu, yang memiliki keunikan sendiri adalah tumbuhhnya banir (akar papan) yang besar dan kuat menjadikan pohon Bangkirai terlihat indah.

Di Bukit Bangkirai ini traveler tidak hanya disuguhkan wisata Hutan Hujan Tropis yang mempesona, namun adrenalin anda juga akan di tantang untuk berani di sini, yaitu menyebrangi sebuah jembatan. Jembatan ini bukanlah jembatan biasa, jembatan ini juga menjadi salah satu keistimewaan Bukit Bangkirai. Adalah Canopy Bridge (Jembatan Gantung) yang juga menjadi daya tarik utama wisata di Bukit Bangkirai ini.

Canopy Bridge, Bukit Bangkirai

5. Meracik Kopi

Meracik Kopi adalah tempat ngopi kekinian yang ada di Balikpapan. Warung kopi yang terletak di Jalan Indrakila, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara ini akan memberikan pengalaman berbeda untuk para pengunjung. Di sini traveler tidak hanya minum kopi sambil ngobrol seru dengan teman, tetapi juga belajar segala hal tentang kopi.

Selain itu, pemiliknya mas Ridwan Hidayat juga jago bicara dakwah dan sejarah Islam. Tentu akan bikin asyik nongkrong sambil ngopi dan tentunya menambah pengetahuan.

Meracik Kopi

Tinggalkan Komentar