Jurnalpublik.com – Tidak setiap orang berhak mendapatkan waktu kita. Ada orang-orang yang diperintahkan oleh para Ulama untuk didekati. Dan ada sebagian manusia yang justru kita diperintahkan untuk menjauhi mereka.

1. Teman karena ada maunya. Kalau maunya sudah didapatkan, kamu akan ditinggalnya. Mereka tidak peduli akan dirimu, apakah kamu shalat, puasa, berkata-kata baik, mereka tidak ambil pusing. Yang penting keinginan mereka tercapai. Orang-orang seperti ini harus dijauhi dari awal.

2. Teman yang berbaik sangka padamu, karena aibmu ditutupi oleh Allah kepada mereka. Kalau mereka tau dosamu, pastilah mereka meludahi wajahmu. Berdoalah kepada Allah swt agar kamu diizinkan oleh-Nya untuk. Memenuhi perasangka baik mereka.

3. Teman yang mengetahui sedikit aibmu, kejelekanmu, namun masih mau menasehatimu. Mereka berteman untuk manfaatmu, bukan manfaat mereka. Merekalah orang-orang pilihan Allah swt. Jika dirimu mengenali mereka, maka jangan lepaskan mereka dari hidupmu.

4. ‘Teman’ yang selalu bersamamu, mengetahui semua aibmu, kejelekanmu, namun tetap menjagamu, memberimu makan, memberimu minum, kesehatan, istirahat. Dialah yang tidak pernah meninggalkanmu meski dirimu berkali-kali meninggalkan-Nya. Dialah Allah swt.

 

Geys Abdurrahman Assegaf.

Tinggalkan Komentar