Jerman, Jurnalpublik.com – Pertandingan Bayern Munchen vs Real Madrid dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (26/4/2018) dini hari waktu Indonesia berakhir dengan skor 1-2 untuk Real Madrid. Dua gol Real Madrid dicetak Marcelo dan Marco Asensio, sedangkan gol Bayern Munchen lahir lewat kaki Joshua Kimmich.

Di menit awal, Bayern Munchen harus kehilangan pilar utamanya. Arjen Robern yang mengalami cedera terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Thiago.

Tempo pertandingan sendiri berlangsung lambat pada 15 menit perdana. Real Madrid lebih banyak menerapkan umpan pendek, begitu pula dengan Bayern yang beberapa kali menusuk lewat sektor sayap.

Bayern mendapat peluang unggul pada menit ke-19. Dari luar kotak penalti, Rafinha melepaskan tendangan spekulasi menggunakan kaki kanannya. Bola mengarah akurat ke gawang, namun dapat ditangkap dengan mudah oleh Keylor Navas.

Real Madrid merespons empat menit kemudian. Berawal dari blunder pemain belakang tuan rumah, dari sektor kanan kotak penalti Dani Carvajal menyambar bola liar dengan sepakan kaki kanan. Bola hanya mengarah tepat ke pelukan Sven Ulreich.

Kebuntuan pecah pada menit ke-28. Bayern memimpin lewat gol Joshua Kimmich. Usai menerima umpan kiriman James Rodriguez, Kimmich menusuk ke sektor kanan kotak penalti dan melepaskan tendangan keras ke tiang dekat. Bola tak mampu dibendung Navas dan skor pun berubah menjadi 1-0.

Tuan rumah bahkan hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-41. Memaksimalkan sebuah skema sepak pojok, Matt Hummels melepaskan tendangan voli dari jarak dekat. Sayangnya bola hasil sepakan sang bek melambung kelewat tinggi di atas gawang.

Namun alih-alih menambah gol, Bayern justru kebobolan tiga menit kemudian. Berawal dari umpan sundulan Dani Carvajal, bola disambar Marcelo dari sektor kiri kotak penalti menggunakan kaki kirinya. Si kulit bundar melaju kencang ke tiang jauh dan tak mampu dijangkau Ulreich. Skor berubah jadi 1-1 dan menutup jalannya babak pertama.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-57, Real Madrid berhasil membalikkan kedudukan. Berawal dari blunder Rafinha di lini tengah, Real Madrid menghasilkan serangan balik cepat. Lucas Vazquez mengirimkan umpan terakhir yang jatuh ke kaki Marco Asensio di kotak penalti. Berhadapan satu lawan satu dengan Ulreich, Asensio tak menyia-nyiakan peluang. Sepakannya ke sudut kanan atas gawang mengubah skor jadi 1-2.

Bayern langsung merespons gol tersebut dengan peluang emas semenit berselang. Dari dalam kotak penalti Franck Ribery melepaskan sepakan keras ke tiang dekat, namun laju bola dapat dibendung Navas.

Kegagalan serupa dialami Ribery pada menit ke-63. Dari posisi yang sama, pemain asal Prancis itu melepaskan tendangan kaki kanan, tetapi hasilnya sama pula. Navas mampu menepis bola.

Tekanan tuan rumah tak mengendur. Enam menit berselang peluang kembali didapat Ribery. Kali ini sepakannya ke tiang jauh hanya menghasilkan bola menyamping di kanan gawang.

Di tengah upaya mengejar, gawang Bayern sebenarnya kebobolan oleh tendangan voli Cristiano Ronaldo di menit ke-72. Tetapi gol tersebut dianulir lantaran wasit menganggap pemain asal Portugal itu lebih dulu melakukan handsball sebelum menceploskan bola ke sisi kanan gawang.

Di sisa waktu pertandingan, Real Madrid mampu mengontrol tempo dengan baik. Bayern Munchen yang terus berupaya mengejar pun gagal menyarangkan gol tambahan. Skor akhir tetap 1-2.

Bayern Munchen: Sven Ulreich, Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Matt Hummels, Rafinha, Javi Martinez, Arjen Robben, Thomas Muller, James Rodriguez, Franck Ribery, Robert Lewandowski.

Cadangan: Tom Starke, Sandro Wagner, Niklas Sule, Thiago Alcantara, Juan Bernat, Sebastian Rudy, Corentin Tolisso.

Real Madrid: Keylor Navas; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Lucas Vazquez, Cristiano Ronaldo, Isco.

Cadangan: Kiko Casilla, Jesus Vallejo, Karim Benzema, Gareth Bale, Theo Hernandez, Marco Asensio, Mateo Kovacic.

Tinggalkan Komentar