Yogyakarta, Jurnalpublik.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY akan menggelar acara Road to Festival Ekonomi Syariah (FESYAR) DIY 2018 pada tanggal 21 dan 30 April 2018, bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY.

Road to FESYAR DIY 2018 merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka mendukung pelaksanaan FESYAR tingkat Regional 2018 yang akan diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 3-6 Mei 2018. Tema yang diangkat pada Road to FESYAR DIY 2018 selaras dengan tema FESYAR 2018 yaitu, Mendorong Implementasi Business Linkage Syariah Dalam Memperkuat Ekonomi Regional”, ungkap Probo Suksesi, Asisten Direktur BI Yogyakarta.

Salah satu kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka Road to FESYAR DIY 2018 yakni penyelenggaraan Sharia Fair pada tanggal 21 April 2018 di Gedung Heritage Perpustakaan Bank Indonesia DIY.

Dalam event Sharia Fair, akan dilakukan seleksi pemilihan Best of the Best Dai Cilik, seni Kaligrafi, Kesenian Daerah Bernuansa Islami, Duta Ekonomi Syariah, dan juga Entrepreneur Muda Syariah.

“Pelaksanaan Sharia Fair ini diharapkan dapat menyeleksi sekaligus mendorong agen-agen pengembangan ekonomi syariah yang potensial di DIY. Yang terpilih sebagai best of the best di Road to FESYAR DIY 2018, akan diikutsertakan dalam festival syariah pada FESYAR tingkat Regional, dan selanjutnya best of the best pada FESYAR tingkat Regional akan diikutsertakan dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 tingkat Nasional di Surabaya”, tambah Probo.

Puncak acara Road to FESYAR DIY 2018 adalah penyelenggaraan Seminar Nasional yang merupakan kerjasama antara BI, MES, IAEI dan BAZNAS. Seminar mengangkat tema “Strategi Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren: Pemanfaatan ZISWAF Produktif untuk Pengembangan Agribisnis, Sektor Keuangan Mikro Syariah dan Aliansi Strategis Kolaboratif Bersama Dunia Usaha di Pondok Pesantren”.

Seminar Nasional ini akan menghadirkan Menteri Agama RI sebagai keynote speaker dan beberapa narasumber dan tokoh terkemuka tingkat nasional. Pelaksanaan Seminar Nasional yakni pada hari Senin, 30 April 2018 di Bangsal Mataram Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY.

Dalam kegiatan Road to FESYAR DIY 2018 juga akan dilakukan pemilihan Tokoh Ekonomi Syariah DIY tahun 2018. Pemilihan ini dilakukan melalui serangkaian proses seleksi terhadap kandidat Tokoh Ekonomi Syariah DIY yang berasal dari berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam komunitas dan asosiasi di bidang ekonomi syariah. Seleksi tahap akhir dilakukan oleh tim juri independen yang terdiri dari unsur akademisi, praktisi dan ulama/dai guna menentukan 1 (satu) Tokoh Ekonomi Syariah DIY tahun 2018.

Selain itu, akan diselenggarakan pula lomba Model Pemberdayaan Ekonomi Produktif berbasis dana ZISWAF yang diikuti oleh Lembaga Amil Zakat dan Wakaf Daerah, serta Lomba Pesantren Unggulan yang dinilai dari aspek Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren.[]

Tinggalkan Komentar