Jakarta, Jurnalpublik.com – Tendangan Mohamed Salah yang menciptakan gol demi gol bagi Liverpool rupa-rupanya menjadi gelora penyemangat bagi fans Liverpool saat ini.

Pada liga primer musim 2017-2018 ini Salah telah membukukan 24 gol dan 8 assist dari 26 kali pertandingan. Sebagai forwarder di Liverpool Salah mempunyai kelebihan mencetak gol dengan kaki kirinya. Tercatat dari 24 gol, 21 gol dengan kaki kiri, 2 gol kaki kanan dan 1 gol sundulan. Hebatnya lagi dari seluruh gol yang berjaring digawang lawan selama musim ini hanya 1 yang merupakan tendangan penalti. Sementara seluruh pertandingan bersama Liverpool tercatat 32 gol.

Nyanyian (chant) saat pertandingan oleh fans Liverpool menggema dengan lirik yang menggelitik. Kenapa demikian karena chant fans Liverpool berkaitan dengan agama yang dianut Mohamed Salah yaitu Islam. Jelang pertandingan tandang melawan FC Porto Chant fans Liverpool menyanyikan lirik :

“Mo Sa lah lah lah lah, Mo Sa lah lah lah lah.”

“if he’s good enough for you, he’s good enough for me, if he scores another few, then I’ll be Muslim too.”

“He’s sitting in the mosque, that’s where I want to be.”

“Jika dia layak bagimu, dia juga layak bagiku. Jika dia mencetak beberapa gol lagi, maka aku akan menjadi muslim seperti dia.”

“Dia duduk di masjid, disanalah tempat ku ingin berada”

Chant fans ini mengungkapkan bahwa mereka mungkin ingin masuk Islam sebagai luapan kegembiraan mereka. Semoga Salah terus menorehkan gol dan prestasi sehingga mendatangkan hidayah. Hal ini juga menunjukan bahwa Sepakbola tidak hanya bisa menjadi ajang sportivitas tapi juga ajang dakwah.

Pekan lalu saat bertandang ke FC Porto lalu salah menyumbang 1 gol pada menit ke 30 pada gelaran Liga Champions Eropa 2018. Gol ke gawang FC Porto ini membukukan gol ke 30 untuk Salah dalam musim pertama bersama Liverpool. Artinya Salah dianggap menyamai rekor Messi yang mencetak 30 gol dalam musim pertama bermain.

Pemain lini depan kelahiran Mesir tahun 1992 ini bergabung pada musim 2017/2018 bersama Liverpool setelah bersama Chelsea dan AS Roma. Salah pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika tahun 2017 oleh BBC.

Mohamed salah dikenal sebagai pemain sepakbola muslim tersohor saat diboyong dari AS Roma dengan nilai transfer sekitar 34 juta poundsterling. Sebelumnya legenda Liverpool Steve Nicol menganggap pembelian Salah hanyalah buan-buang uang saja.

Bukan tidak mungkin performa Salah yang sedang bersinar di Liverpool saat ini menjadi jalan hidayah bagi warga Inggris khususnya fans Liverpool. Selain itu warga Inggris baik penggemar sepakbola ataupun bukan juga menganggap prestasi Salah sebagai muslim akan mengakhiri Islamofobia yang selama ini tumbuh di Eropa.

Tinggalkan Komentar