Sumsel, Jurnalpublik.com – Pilkada Sumsel tahun 2018, pantas dijuluki sebagai pertarungan para kepala daerah. Betapa tidak, semua calon gubernur yang bakal bertarung adalah kepala daerah petahana dan mantan kepala daerah. Sedangkan satu diantara calon wakil gubernur adalah mantan kepala daerah.

Pasangan pertama adalah pasangan Herman Deru dan Mawardi Yahya. Pasangan ini resmi diusung tiga partai politik yaitu Partai Hanura, PAN dan Partai Nasdem. Herman Deru adalah mantan Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dua periode mulai dari tahun 2005 sampai tahun 2015. Sosoknya dianggap sukses saat memimpin OKUT selama dua periode. Banyak pembangunan yang dicapai selama memimpin OKUT termasuk keberhasilannya dalam pelaksanaan good governance. Sosoknya juga relatif bersih dan jauh dari isu negatif. Herman Deru kemungkinan akan menjadikan OKUT sebagai lumbung suara utamanya sebab di tanah kelahirannya itu Herman Deru sangat populer.

Calon wakilnya Mawardi Yahya juga mantan Bupati Ogan Ilir dua periode mulai tahun 2005 sampai 2015. Bekal menjadi bupati selama dua periode tentu menjadi modal besar baginya untuk maju di pilkada Sumsel. Selama menjabat bupati Mawardi cukup konsen dalam membangun fasilitas pendidikan dan kesehatan di Ogan Ilir. Kemungkinan modal suaranya akan didapat dari kabupaten Ogan Ilir dan Kotamadya Prabumulih dimana adik kandungnya, Ridho Yahya menjadi Walikota disana.

Pasangan kedua adalah Ishak Mekki dan Yudha Mahyuddin yang didukung oleh Partai Demokrat, PPP dan Partai Bulan Bintang (PBB). Ishak Mekki adalah Wakil Gubernur petahana yang sebelumnya juga menjabat sebagai Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) mulai tahun 2003 sampai tahun 2013. Putra asli Kayuagung ini cukup banyak pengalaman sebagai birokrat. Hal ini tentu menjadi modal tersendiri dalam pertarungan pilkada Sumsel. Sebagai petahana juga diuntungkan sebab pasti lebih populer dimata masyarakat Sumsel. Sebagai putra asli OKI, Kemungkinan kabupaten OKI akan menjadi lumbung suara Ishak Mekki.

Wakilnya adalah Yudha Mahyuddin, seorang akademisi muda, pengusaha sekaligus organisatoris. Putra dari mantan wakil gubernur Sumsel dan mantan anggota DPR-RI, Mahyuddin, ini sekarang tercatat sebagai dosen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Peraih gelar S3 dari Universiti Teknologi Malaysia ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel tahun 2013 sampai 2016. Meskipun belum terlalu populer bagi masyarakat Sumsel namun sosok muda ini cukup populer di kalangan akademisi dan pengusaha muda.

Pasangan ketiga adalah Dody Reza Alex Noerdin dan Giri Ramandha Kiemas. Pasangan ini didukung oleh Partai Golkar dan PDIP. Dody Reza adalah bupati Musi Banyuasin yang baru terpilih dan menjabat di periode 2017 sampai 2022. Selain itu Dody adalah anak kandung dari Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Nama besar sang ayah sedikit banyak diprediksi mampu mengatrol elektabilitas Dody Reza. Pasangannya adalah Giri Ramandha Kiemas, yang merupakan keponakan dari Icon dan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarno Putri. Selain itu Giri juga menjabat sebagai ketua DPRD Sumsel dan Ketua PDIP Sumsel. Kedua pasangan muda ini didukung oleh dua partai besar di Sumsel yang memungkinkan mereka mendapat dukungan tim yang kuat.

Pasangan terakhir yaitu Saifuddin Aswari dan Irwansyah Sofyan Rebuin. Aswari adalah Bupati Lahat dua periode yang akan berakhir di tahun 2018. Selain itu Aswari juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Sumsel. Kemungkinan akan mendapat banyak suara di daerah Lahat dan sekitarnya. Sedangkan wakilnya Irwansyah Sofyan Rebuin adalah Walikota Pangkal Pinang yang juga tercatat sebagai kader PDIP. Walaupun namanya relatif baru muncul namun namanya sudah banyak dikenal masyarakat Sumsel apalagi kiprahnya sebagai pengusaha sebelum terjun ke dunia politik. Selain itu Irwansyah juga banyak prestasi selama menjabat sebagai Walikota Pangkal Pinang.

Melihat profil para calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel diatas, maka tidak salah rasanya kalau disebut pilkada Sumsel kali ini adalah pertarungan para raja yang tentu saja akan menjanjikan persaingan yang menarik untuk diikuti.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.