Literasi dan Pilihan Masyarakat (Kolase)

Yogyakarta, Jurnalpublik.com – Masyarakat yang literasi politiknya tinggi biasanya cenderung luwes pada pilihan politik (dari partai sampai capres) ketika ideologi dan hukum negara sudah jelas. Mereka akan mencurahkan perhatian kepada gagasan pokok dalam politik, seperti kedaulatan, keadilan, kewargaan, kebijakan publik, dan sebagainya. Wawasan tersebut didapat dari pembacaan serius terhadap pemikiran para filsuf, teoritikus, dan atau hasil penelitian.

Di sana, segala sumber pandangan hidup akan dipertandingkan lewat pendidikan publik. Hasil dari itu semua adalah kendali publik atas pemerintahan yang berjalan, karena di dalam aturan main demokrasi sekarang, kedaulatan ada di pihak publik.

Sebaliknya, masyarakat dengan literasi politik rendah akan cenderung mengikat diri dengan pilihan politiknya, seakan itu urusan hidup atau mati. Di sisi lain, mereka tak terlalu menaruh minat mendalami gagasan pokok dalam politik, karena dinilai terlalu elitis dan tidak membawa manfaat praktis bagi aktivisme politik mereka. Sumber wawasan mereka hanya instruksi searah dari pemegang kepentingan yang didukung, tanpa diperiksa kembali kebenarannya. Saat internet sudah dalam genggaman, mereka memilih kabar yang disukai belaka meski, sekali lagi, tanpa diperiksa kembali kebenarannya.

Di sana, ideologi politik jadi percuma, karena ia sering dijadikan bahan bakar penggerak massa saja. Pendidikan publik tak terjadi, digantikan saling ejek untuk menjatuhkan lawan dan lempar retorika untuk menjaga kerekatan kawan. Hasil dari itu semua adalah terbaginya masyarakat menjadi pembenci (haters) dan pencinta (lovers), dengan majas tambahan: benci setengah mati, cinta sepenuh hati. Jangan harap ada kendali publik yang baik atas pemerintahan yang berjalan, sebab kumpulan individu dalam masyarakat seperti ini belum selesai dengan dirinya sendiri.

Ismail Al ‘Alam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.