Cover buku Mengembalikan Puisi ke Ruang Publik karya Denny JA

Jakarta, Jurnalpublik.com – Jelang akhir tahun 2017 , konsultan politik dan tokoh media sosial Denny Januar Ali atau kerap disapa Denny JA membagikan buku kumpulan puisi berbentuk pdf dengan judul “Mengembalikan Puisi Ke Ruang Publik”.

Menjawab pertanyaan mengapa ruang publik kita harus diisi dengan lebih banyak puisi, Denny JA menjawabnya dalam sebuah pengantar di dalam e-book tersebut. Menurut Denny, salah satu hal yang mendasari adalah Pertama adalah pernyataan John F Kennedy. Ujar Kennedy, jika kekuasaan membuat manusia congkak dan angkuh, puisi mengingatkan keterbatasannya. Jika kekuasaan membuat manusia harus fokus dan menyempitkan hidupnya, puisi mengingatkan keluasan dan kedalaman hidup manusia. Jika kekuasaan cenderung mengotorkan jiwa, puisi
membersihkannya.

Kennedy mengingatkan pentingnya peran puisi tak hanya dalam kehidupan pribadi, tapi juga dalam ruang publik. Celaka sebuah negeri jika ruang publiknya hanya dipenuhi oleh berita pertarungan kekuasaan, dan tabel perdagangan.

Denny JA melanjutkan bahwa Ruang publik adalah ruang bagi manusia. Jangan hilangkan fantasi, passion, mimpi, kegelisahan, ketakutan, dan aneka emosi lain yang disumbangkan oleh dunia puisi. Ketika peradaban pertama kali lahir, puisi sangat sentral posisinya, yang tampil dalam bentuk epik, dan filsafat hidup.

Buku setebal 790 halaman ini berisi 50 puisi dan 13 essai soal sastra ditambah 13 review sastrawan dan kritikus sastra dalam dan luar negeri atas karya Denny JA.

Buku tersebut, bisa pembaca unduh dari link berikut ini :

https://www.4shared.com/office/UdkgpZ5lca/Denny_JA_Mengembalikan_Puisi_k.html

Tinggalkan Komentar