Cover Buku Panggilan Bersatu

Jakarta, Jurnalpublik.com – Saat ummat malas berpikir, ini pertanda ada yang tak beres dari petuah para ulama. Inilah yang kemudian memunculkan hadirnya para “pendobrak” pemikiran dalam Islam pada Abad ke-20. Nama-nama Sayyid Jamaluddin al-Afghany, Syaikh Muhammad Abduh, dan Sayyid Muhammad Rasyid Ridha, banyak disebut dalam karya Hamka di tangan pembaca budiman. Nama-nama yang ingin ummat Islam bangkit melawan, mengejar ketertinggalan dari bangsa kafir. Dari mereka yang menjajah dengan imperialisme dan missie pemurtadan aqidah. Sayangnya, kehadiran para “pembaharu” ini tak sepenuhnya diterima di kalangan ulama. Terjadilah kegaduhan, silang pendapat ihwal berislam, kendati lebih sering yang diperbincangkan adalah soal cabang, furu’.

Dalam posisi sebagai bagian yang menyokong ide-ide para tokoh “pembaharu” tadi, Hamka tak berarti masuk dalam ta’ashshub golongan. Melalui tulisan yang dibuat sepanjang 1954-1964 (artinya, sebelum Hamka dipenjara pemerintah Sukarno), akan terlihat bagaimana ia memosisikan diri. Sekalipun mengkritik taqlid dan ashabiyah golongan, Hamka tidak lantas menjadi sosok garang tukang memvonis. Ia justru sebaliknya, menghadirkan ajakan persatuan sembari “mengobati” penyakit ummat. Salah satunya adalah membuka perbincangan masalah khilafiyah. Bukan untuk saling menjatuhkan marwah, apalagi merenggangkan persatuan.

Buku ini disusun berangkat dari kesadaran menggali khazanah ulama. Tema persatuan ummat tidak henti untuk digali dan disebarluaskan. Bukan semata untuk dibaca, namun juga dihayati dan diamalkan. Tulisan seorang ulama besar di Alam Nusantara seperti Hamka, amat sayang apabila terluputkan. Lebih-lebih di soalan yang masih jadi titik lemah ummat: persatuan. Perpecahan masih mudah ditemui di sana-sini. Kiranya dengan menyimak tuturan bijak, atau kadang teguran menyentuh, dari Hamka, ummat bisa tersadarkan.

Penulis: Buya Hamka
Penyusun buku: Yusuf Maulana
Penerbit: Galata Media
Cetakan 1; Januari 2018
Tebal buku: 270 halaman
Kertas isi: HVS 70 gram
Harga: Rp 75.000 Disc 20% jadi Rp. 60.000
Kontak pemesanan: 085245659145

Tinggalkan Komentar