Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Arbonas Hutabarat memberi arahan ke para mitra PSBI.

Batam, Jurnalpublik.com – Yayasan Generasi Muda Cendekia (GMC) menghadiri kegiatan evaluasi Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tahun 2017 dengan agenda “Evaluasi dan Perencanaan Program PSBI yang Dilaksanakan dengan Lembaga Mitra”. Acara diselenggarakan di Swiss-Bell Hotel Harbour Bay, Batam pada hari Rabu sampai dengan Jum’at, 20-22 Desember 2017.

Widi Sulistiono yang mewakili GMC menyampaikan, “Kami sebagai mitra strategis PSBI akan senantiasa berkomitmen pada pelaksanaan program yang high impact lagi sustain sekalipun exit program telah dilakukan, sebagaimana arahan dari Bapak Arbonas selaku Direktur Department Komunikasi Bank Indonesia”.

Turut diundang mitra implementasi PSBI yang lain, yakni YPPI, YKAI, YCAB dan APISI, serta PT Sucofindo Advisory Utama selaku konsultan jasa penilaian independen. Seluruh mitra yang diundang diberi kesempatan untuk melaporkan implementasi program di tahun 2017 serta rencana implementasi program tahun 2018 mendatang.

Sejumlah pejabat tinggi Bank Indonesia yang hadir antara lain Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Arbonas Hutabarat, Deputi Direktur Departemen Komunikasi, Divisi PSBI dan Hubungan Stakeholders Iwan Setiawan,  Manajer Departemen Komunikasi Oikos Mando Panjaitan.

PSBI merupakan bentuk kepedulian sosial BI guna memberi solusi masalah sosial ekonomi di masyarakat. Implementasi program yang dikerjasamakan dengan GMC ialah Bina Desa Bangun Indonesia (Bindesia), yang merupakan program terobosan pemberdayaan masyarakat desa dan konservasi lingkungan.

Bindesia berperan sebagai katalisator peningkatan taraf hidup masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi. Pelaksanaannya terkonsentrasi di wilayah rural (pedesaaan) maupun wilayah urban (perkotaan) yang memerlukan solusi kongkrit dari persoalan sumberdaya dan lingkungan yang terintegrasi.

Sejak launching awal tahun 2016 lalu, titik implementasi Bindesia terfokus di area sepadan Situ Cilangkap, Kota Depok. Seiring dengan proses konservasi Situ, dilaksanakan pula beberapa program pemberdayaan yakni program aquaponic, balai kelola organik dan penanaman pohon. Bindesia juga membuka program pelayanan kesehatan masyarakat berupa renovasi posyandu, serta pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang dibantu oleh tenaga medis berpengalaman.

Kesuksesan PSBI, khususnya Bindesia tak lepas dari sinergi kelompok-kelompok relawan peduli lingkungan yang seluruhnya berasal dari masyarakat penerima manfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.