Yogyakarta, Jurnalpublik.com – Ratusan massa aksi umat Islam di Yogyakarta turun ke jalan (8/12) melakukan aksi mendukung Negara Palestina. Aksi ini dimulai pukul 13.00 WIB dengan melakukan long march (jalan kaki) dari Kantor DPRD DIY menuju ke Titik Nol.

Dalam orasinya, Ustadz Endri Nugraha Laksana (Ketua Ikatan Dai DIY) mengecam Amerika yang secara sepihak menyatakan Yerussalem sebagai Ibukota Israel. Endri juga mengutip pembukaan UUD 1945 alenia pertama, “Bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Oleh sebab itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan perikeadilan.”

Selain itu, Endri atau yang akrab dipanggil dengan Ustadz Abdullah Sunono mengungkapkan ada tiga alasan mengapa Israel menjajah Palestina, alasan tersebut adalah: (1). Palestina adalah tanah yang dijanjikan Tuhan (red. Yahudi). (2). Palestina hanya tanah gurun pasir kosong yang tidak ada penduduknya. (3). Israel menjajah Palestina dengan bantuan Negara Amerika. Di akhir orasinya ia mengajak agar umat Islam terus berjuang bersama bangsa Palestina.

Aksi ini juga didukung oleh beberapa organisasi kemasyarakatan dan lembaga kemanusiaan, di antaranya adalah Forum Umat Islam (FUI) DIY, Ikatan Dai Indonesia DIY, KAMMI, BKPRMI, Forum Rohis, dan ACT. Acara ini ditutup dengan mendoakan bangsa Palestina dan penggalangan dana untuk rakyat Palestina.[]

Tinggalkan Komentar