Jakarta, Jurnalpublik.com – BAZNAS melalui unit kemanusiaannya, BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) memberikan bantuan baik secara fisik ataupun materi. Di beberapa daerah yang terkena dampak badai siklon tropis (Jogja dan Pacitan), relawan BTB ikut terjun membantu warga.

Di Bantul, selain ikut kerja bakti membantu warga yang terdampak, BTB juga memberikan bantuan logistik dan membuat dapur umum. Untuk dapur umum ini berlangsung selama tiga hari (1-3 Desember 2017) bertempat di dusun Sompok, Sriharjo, Bantul. Selain itu BTB yang juga di-support oleh BAZNAS Kabupaten Bantul memberikan bantuan hygiene kit dan tas sekolah untuk anak-anak. 

Sementara di Kulon Progo (Kecamatan Galur, Girimulyo, dan Samigaluh) BTB juga ikut kerja bakti bersama warga dan ikut mendistribusikan logistik (hygiene kit, tas sekolah, dll.). BAZNAS juga melakukan bedah rumah untuk warga terdampak. Untuk pendanaan bedah rumah ini dibantu oleh BAZNAS Kabupaten Kulon Progo. Di Gunung Kidul, tepatnya di Desa Gedangsari, relawan BTB juga melakukan hal yang sama.

Di Kecamatan Arjosari Pacitan, relawan BTB bersama Rumah Sehat BAZNAS (RSB) memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu BTB ikut membantu tim SAR untuk mengevakuasi korban. BTB Jawa Timur juga melakukan aksi bersih sekolah dan bersih mushola. Selain itu BAZNAS membuka dapur umum yang menyediakan 2.000 nasi bungkus per hari.

Sementara di Bali, merespon bencana erupsi Gunung Agung, tim relawan yang dipimpin langsung oleh Komandan Respon pusat, Taufiq Hidayat melakukan berbagai aksi. Di antaranya adalah membuat dapur umum dan dapur air serta memberikan pelayanan kesehatan bagi warga pengungsi.[]

Tinggalkan Komentar