Yogyakarta, Jurnalpublik.com – Banyak harapan dari masyarakat DIY terhadap kehadiran bandara baru Kulon Progo (New Yogyakarta International Airport/NYIA) beserta Airport City yang diharapkan dapat mendukung aktivitas perekonomian DIY yang akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Guna memaksimalkan manfaat keberadaan NYIA, Yogyakarta seluruh lapisan masyarakat perlu mempersiapkan diri di segala aspek termasuk peningkatan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ditambah lagi DIY sebagai kota pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki potensi UMKM yang berlimpah.

Dikatakan Budi Hanoto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY bahwa peningkatan peran dan kualitas UMKM akan membuka peluang aktivitas ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat yang terkena dampak dari pengalihan fungsi lahan untuk pembangunan bandara.

“UMKM DIY perlu terus didorong untuk dapat menghasilkan produk kreatif yang bernilai tinggi dan berstandar internasional,” ucap Budi Hanoto pada Senin (20/11).

Guna mempersiapkan masyarakat DIY dalam hal peran dan kualitasnya dalam hal UMKM Bank Indonesia menggelar “Grebeg UMKM Jogja Sambut Bandara Baru” yang diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 4 Desember 2017 di Jogja Expo Center (JEC) Hall B.

Ditambahkan Budi Hanoto, acara ini merupakan bentuk sinergi antar komponen masyarakat, pelaku usaha & Pemerintah DIY dan Kulon Progo, serta Bank Indonesia untuk mengembangkan UMKM DIY.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mendorong UMKM DIY memiliki produk berkualitas (premium) dan kreatif berstandar internasional, selain itu juga bertujuan untuk mendorong UMKM DIY memiliki peran utama dan mampu bersaing dalam aktivitas ekonomi di kancah global,” ungkap Budi Hanoto.

Acara yang mengangkat tema “Kualitas Berkelas, Berdaya Saing Global” ini terdiri dari berbagai serangkaian acara, diantaranya pameran UMKM, Talkshow, Seminar, dan juga Bisnis Konseling. Dan acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya (free). Rencananya acara closing ceremony akan ditutup pada hari ini pukul 14.00 WIB.[]

Tinggalkan Komentar