Garut, Jurnalpublik.com – Untuk kedua kalinya Kabupaten Garut mendapatkan penghargaan atas diraihnya swasti saba wiwerda Penghargaan kali ini ditunjukkan bagi Kabupaten Garut dengan menyiapkan empat tatanan yang  menjadi objek penilaian, yakni Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat, Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat, Tatanan Kawasan Permukiman, Sarana Sehat dan Tatanan Kehidupan Masyarakat yang Sehat Mandiri.

Selain itu juga kabupaten garut mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat atas prestasi bidang pertanian,peternakan,dan ketahanan pangan yang diserahkan secara langsung oleh wakil bupati garut dr Helmi Budiman setalah usai pelaksanaan apel pagi bertempat di halaman setda senin (4/12)

Wabup menyatakan bangga dengan raihan penghargaan tersebur dengan harapan dapat menjadi motivasi bagi peningkatan kinerja aparatur dilingkungan Pemkab Garut yang dipimpinnya.

Menurutnya Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang mengikuti verifikasi kabupaten/kota bersama 173 kabupaten/kota pada tahun 2017.

“Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1998, namun pada tahun 2005 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pelaksanaannya mulai ditingkatkan dan hingga kini kabupaten/kota yang diikutsertakan dinilai semakin bertambah” ungkapnya.

Meski Program Kabupaten/Kota Sehat sudah berjalan lama, namun Kabupaten Garut baru mengikutinya pada Tahun 2014 . Ada 3 kategori untuk penilaian Kabupaten Sehat dengan tingkat Tatanan yang berbeda, Kategori Padapa (Pemantapan) untuk 1-2 Tatanan , Kategori Wiwerda (Pembinaan) untuk 3-4 Tatanan dan Kategori Wistara (Pengembangan) untuk 5-9 Tatanan.

Tinggalkan Komentar