Jakarta, Jurnalpublik.com – Mantan pemain Chelsea, Mohamed Salah lagi-lagi menjadi protagonis Ahad kemarin (26/11) saat bertemu mantan klubnya Chelsea FC di pekan ke-13 lanjutan Liga Inggris.

Ia menciptakan gol satu-satunya di menit ke 65′ untuk Liverpool. Meskipun akhirnya Salah gagal membawa kemenangan bagi timnya karena di menit ke 85′, gol balasan Willian bersarang pada gawang yang dikawal kiper Simon Mignolet.

Yang menarik, pada pertandingan tersebut meski mencetak gol bagi Liverpool, pemain timnas Mesir yang bernama asli Mohamed Salah Ghaly ini menolak untuk melakukan selebrasi. Garry Lineker salah satu pundit sepak bola kenamaan di Inggris mengatakan, “Salah tidak selebrasi bukan karena menghormati mantan klubnya, tapi Salah sedang berduka dengan kejadian tragedi di Mesir.”

Salah tampil bersinar bersama Liverpool. Saat ini Salah menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Inggris dengan torehan sepuluh gol, disusul oleh Sergio Aguero dan Harry Kane dengan sembilan gol.

Mohamed Salah bergabung dengan Chelsea dari Basel pada tahun 2014. Salah bermain sebanyak 13 pertandingan. Datang dengan banyak harapan, Salah justru gagal memenuhi ekspektasi. Salah kemudian dibuang ke Fiorentina dan pindah ke AS Roma.

Bersama I Giallorossi, pemain berusia 25 tahun itu mendapatkan peran kunci dan berhasil mencetak 34 gol serta 24 assist dalam 83 pertandingan.

Rapor apik tersebut menjadi alasan Liverpool memboyong Salah ke Anfield pada 22 Juni 2017. The Reds ketika itu menggelontorkan dana senilai 42 juta poundsterling (Rp 775 miliar). Harga mahal yang dibayar Liverpool ternyata sebanding dengan penampilan Salah yang sejauh ini sudah mencetak 14 gol dan empat assist di semua kompetisi Eropa.

Salah juga menjadi pemain kunci yang membawa Mesir lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Ia pernah tampil mewakili Mesir pada Piala Dunia FIFA U-20 2011 dan Olimpiade 2012. Ia memenangkan Liga Super Swiss di musim pertamanya dengan Basel, dan dianugerahi Pemain Muda Afrika Terbaik tahun 2012. Bersama Kevin de Bruyne dan Romelu Lukaku, Salah menjadi ‘mantan’ yang bersinar setelah pergi dari Chelsea.[]

Tinggalkan Komentar