Yogyakarta, Jurnalpublik.com – Kangen water hoaks menjadi trending topic beberapa minggu ini. Tidak sedikit yang japri dan inbox saya menanyakan berita soal ‘Kangen Water Hoaks’.

Saya pun kalem-kalem saja menanggapi hal seperti ini, sudah biasa dalam persaingan bisnis apapun. Apalagi Produk yang kita tawarkan adalah solusi untuk orang hidup sehat.

Bayangkan saja rokok yang sudah jelas-jelas produk yang membahayakan dan dalam setiap promosinya dituliskan “MEROKOK MEMBUNUHMU”, mestinya digrebek duluan produk ini oleh pihak yang berwajib. Tapi nyatanya masih aman-aman saja dan dilindungi. Sementara kita yang mau mengajak orang untuk hidup sehat malah dilarang.

Saya melihat Kangen Water bakalan semakin booming dikenal banyak orang dan makin berkembang setelah selesai diklarifikasi hal ini. Adapun point-point yang perlu diklarifikasi adalah:

1. Stop penggunaan media cetak (brosur) atau digital yang mencantumkan logo Kemenkes.

Izin edar sudah ada sebenarnya, kalau tidak ada gak bisa jualan kita. Mungkin ada pihak-pihak yang gak suka aja dengan pencantuman logo Kemenkes.

2. Penjelasan medical device, kalau saya edukasi akan tetap saya katakan, berdasarkan ISO 13485 yang dikeluarkan oleh lembaga ISO International, mesin SD501 sudah termasuk Medical Device, sambil tunjukkan foto sertifikat ISO nya.

Tapi di brosur gak usah ngomong-ngomong medical device, banyak yang sensi sepertinya. Maklum, banyak yang gak bisa dapetin ISO 13485 soalnya. Persyaratannya sangat ketat dan sulit!

3. Perhatikan jika saya edukasi, kalimat yang saya gunakan adalah “Membantu proses penyembuhan.” Yang gak boleh itu bilang Kangen Water bisa menyembuhkan.

Kalau sekedar membantu kan boleh saja. Doa pun sangat membantu menyembuhkan. Karena yang menyembuhkan itu hanya Allah Sang Maha Penyembuh.

Untuk info lebih detail dan lengkap silahkan simak video berikut ini:

https://www.facebook.com/AmazingMentor/videos/10155757159138886/

Kangen Water memang hoaks! Harapan Orang Akan Kesehatan Sejati.[]

Ferri Adi Setiawan/Presiden Kangen Water Jogja

 

Tinggalkan Komentar