Anis Matta

Jakarta, Jurnalpublik.com – Anis Matta lebih suka memakai kata “roadmap” untuk menjelaskan arah dan jalannya sebuah organisasi. Roadmap adalah peta jalan, dimana seorang pemimpin harus sudah punya roadmap dalam pikirannya untuk mencapai cita-cita perjuangannya.

Roadmap adalah gambaran jalan yg akan dilalui untuk mencapai cita-cita perjuangannya, gambaran seorang pemimpin akan membawa kemana organisasi atau orang-orang yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus sudah punya roadmap dalam pikirannya, disampaikan kepada tim dan organisasinya agar menjadi roadmap bersama.

Seorang pemimpin yg punya roadmap adalah pemimpin yang yakin dengan tujuannya, yakin dengan jalan yang dipilih dan ditempuh, dia tahu rintangan di depannya, karena ketika dia membuat roadmap dia sadar dengan semua konsekwensinya. Pemimpin yang tidak punya roadmap adalah pemimpin yang galau dan bimbang. Mudah terpengaruh suasana hati dan juga tergoda intervensi orang lain.

Pemimpin yang tidak punya roadmap adalah pemimpin yang mudah berubah haluan dan juga berubah arah perjalanan, sehingga mempengaruhi konsistensi dalam perjuangan mencapai tujuan.

Membuat roadmap dibutuhkan pengetahuan yang luas dan ketajaman analisa. Harus juga memiliki kemampuan lapangan dan dinamikanya sehingga selalu up-date situasi dan selalu tepat membaca zaman.

Roadmap adalah kemampuan pemimpin dalam memahami situasi dan persoalan kemudian berfikir dan mencari solusi teknis dan taktis, serta mampu mengantisipasi atau mempersiapkan masa depan

Irfan Enjo 

Tinggalkan Komentar