Bekasi, Jurnalpublik.com – Seperti yang dirumorkan, robot Aibo benar-benar dirilis kembali. Setelah lebih dari satu dekade, Sony akhirnya membangkitkan proyek prestisius robot hewan peliharaan dengan model baru bernama “Aibo” (ERS-1000).

Sony mengklaim Aibo terbaru ini sanggup menciptakan hubungan emosional dengan anggota keluarga, dengan memberikan mereka cinta, kasih sayang, dan kegembiraan mengasuh dan membesarkan seorang teman. Aibo dibekali ultra-compact actuator yang memberikan kemampuan bergerak ke 22 arah, kedua matanya menggunakan OLED (organic light-emitting diode) untuk memberikan lebih banyak ekspresi makhluk hidup yang sesungguhnya. Baterai nya mampu bertahan sekitar dua jam, dengan waktu pengisian tiga jam.

Menurut Sony, Aibo memiliki kemampuan menyesuaikan diri, mengikuti pemilik, dan mempelajari apa yang membuat pemiliknya bahagia, serta secara bertahap tumbuh terbiasa dengan lingkungan yang lebih luas. Aibo memiliki teknologi adaptasi tingkat tinggi untuk menganalisa suara dan gambar yang datang melalui sensor, kemudian data yang sudah dianalisa tersebut disimpan pada server cloud, sebagai memori dan pengalaman hidup yang membuatnya sanggup beradaptasi dan meningkatkan kecerdasan diri.

Aibo dilengkapi perangkat lain seperti aplikasi smartphone My Aibo, dengan aplikasi ini pemilik dapat mengakses data yang direkam oleh Aibo, dan mengunduh beberapa trik bermain bersama Aibo. Ada pula fasilitas berlangganan cloud data untuk penyimpanan memori yang lebih besar dan koneksi internet yang lebih baik untuk melakukan penyimpanan, ditambah aksesoris “tulang” mainan, cukup dengan membayar 2.980 Yen (mata uang Jepang) perbulan selama tiga tahun.

Sony membuka inden pemesanan Aibo mulai 31 Oktober 2017, dan mulai tersedia pada 11 Januari 2018, di Jepang, dengan bandrol 198.000 Yen. Sepertinya belum ada rencana Sony untuk memasarkannya di luar negara Jepang.

Tinggalkan Komentar