Gorontalo, Jurnalpublik.com – APCG menggelar acara yang bertajuk Temu Petani Cengkeh Bone Pesisir dengan tema APCG siap mengembalikan kejayaan rempah nusantara dilaksanakan di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo pada tanggal 29 Oktober 2017 dihadiri oleh kurang lebih 250 orang petani cengkeh yang ada di Kecamatan Bone dan sekitarnya. Para pembicara dalam kesempatan tersebut antara lain Anggota DPRD Bone Bolango yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina APCG Yusuf Kune, Ketua Umum APCG Nitam Kasim, Sekjen APCG Sumitro Lopuo dan Ketua APC Bone Bolango Rinto Ruchban.

“APCG di bentuk untuk mewujudkan petani cengkeh Gorontalo yang berdaulat, dengan terbentuknya asosiasi ini diharapkan kedepan harga cengkeh tidak lagi dipermainkan oleh para tengkulak dari luar Gorontalo” ujar Ketua Umum APCG Nitam Kasim yang merupakan Ketua KAMMI Komisariat UNG periode lalu. Lebih lanjut Nitam Kasim mengatakan, organisasi ini dibentuk juga untuk mengawal program nasional mengembalikan kejayaan rempah nusantara.

Di tahun 2017 Gorontalo mendapatkan alokasi bantuan perluasan dan peremajaan cengkeh yang totalnya sebesar 1400 hektar atau 140.000 pohon, bantuan ini tersebar di 4 kabupaten yaitu boalemo dan pohuwato untuk perluasan serta bone bolango dan Kab. Gorontalo untuk peremajaan. Masing-masing kabupaten mendapatkan alokasi 350 hektar, didalam bantuan itu sudah termasuk benih, pupuk dan saprodi lainnya termasuk untuk pengolahan pascapanennya berupa lantai jemur, terpal dan rumah pengeringan/dryer, semua ini harus dikawal oleh asosiasi agar tidak salah sasaran.

Sementara itu Rinto Ruchban selaku Ketua APC Bone Bolango menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya mendorong pemerintah kabupaten dan provinsi untuk mengupayakan perbaikan infrastruktur jalan menuju perkebunan cengkeh milik warga. Sehubungan dengan posisinya sebagai anggota Badan Anggaran di DPRD Bone Bolango pihaknya akan mengusahakan untuk membahas Jalan Usaha Tani menuju perkebunan cengkeh dalam rapat Banggar nanti. Pertemuan ini juga menghasilkan sebuah rekomendasi untuk membentuk koperasi khusus petani cengkeh yang akan menampung hasil cengkeh para petani dengan harga yang layak. [Red]

Tinggalkan Komentar