Bogor, Jurnalpublik – Kampus adalah miniatur kecil dari sebuah negara, dimana banyak lahir pemimpin pemimpin hebat di negara ini dari aktivis kampus.

Bicara pemimpin kampus, ada tiga masalah yang masih ada di dalam politik kampus, hal ini selaras dengan permasalahan ummat masa kini.

Kita rangkum permasalahan menjadi 3 hal.

1. Rendahnya kualitas pendidikan literasi para pemimpin.

Para pemimpin terlalu fokus pada pengetahuan dia dalam politik, padahal pemimpin perlu mengetahui tentang sastra, komunikasi, bisnis, psikologi, dan yang paling utama adalah ilmu agama. Karena ilmu agama ialah ilmu yang akan memisahkan yang haq dan yang bathil, dan ilmu agama yang akan menuntun setiap kebijakan kita agar dapat dirasakan oleh setiap warga kampus.

2. Malu untuk menunjukkan identitasnya sebagai seorang muslim.

Hal ini yang hilang dalam setiap pemimpin muslim, seakan-akan mereka memisahkan antara agama dan politik, seakan ia malu mengambil referensi dari setiap kebijakan mereka yang sesuai dengan syariat islam.

3. Perpecahan antar pemimpin muslim.

Hehe. ini yang lucu.
seharusnya antar pemimpin harus bersatu dan berkoordinasi dengan baik untuk menciptakan suasana kampus yang kondusif dan dinamis, bukan bertarung untuk menjatuhkan saudaranya sesama muslim.

Tinggalkan Komentar