Red Purple Black

Melihat Depo MT-Con

PDFPrintE-mail

Berita - Profil & Karir

Dikalangan bisnis depo, nama besarnya sudah tak diragukan lagi. Depo MT Con sudah eksis melayani penitipan contener emty (kosong) maupun kontener isi.

Depo yang dikelola PT Masaji Tatanan Container (MT Con) salah satu anak perusahaan PT Samudera Indonesia Tbk itu telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu dengan berkantor di Jalan Kalibaru Barat Cilincing Jakarta Utara.

Dan kini, keberadaan MT Con tambah maju, dengan beroperasinya Depo MT Con II di RW 03 Kelurahan Semper Timur.
Dengan luas 10 hektar lebih, MT Con II kini melayani pelanggannya yang kian tahun terus bertambah.

Seperti dikeahui permintaan pasar (pelayaran) terhadap fasilitas depo kontener khususnya di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, kian tahun terus meningkat, itu seiring dengan pertumbuhan arus ekspor-impor maupun cargo domestik.

Buktinya, pada 2011 saja, arus kontener ekspor-impor yang melalui Pelabuhan tersibuk di Indonesia itu, mencapai 6 Juta TEUs. Dengan peningkatan volume barang di Priok yang cukup signifikan itu, merupakan peluang bisnis penitipan kontener emty yang semakin besar pula.

Karena itu, MT Con II saat ini terus meningkatkan kapasitas lapangan penumpukannya  berikut kemampuan tekhnologi serta sumber daya manusia.
Direktur Utama PT Samudera Indonesia Tbk, Masli Mulia yang meresmikan pengoperasian samudera green depot waktu itu mengatakan, pihaknya berharap seluruh manajemen MTCon dapat mengelola depo kontener seluas 10 hektar itu.

“Bukan saja aman bagi penempatan kontener, tetapi juga nyaman bagi customer yang hilir mudik ke MTCon 2. Harus sesuai dengan mottonya, MTCon 2 sebagai green depot,” ujar Masli, saat memberikan sambutannya.

Dikatakan Masli, kalau MTCon 2 ini nyaman bagi manajemen, maka hasilnya akan lebih baik. “Demikian juga bagi pelanggan, dengan cara kerja yang baik, mereka juga akan sangat senang sekali, sesuai dengan pengharapannya. Dan saya pribadi senang, karena kalian bisa membuktikan suatu prestasi dan reputasi yang cukup membanggakan, namun jangan lupa itu baru awal, perjalanan kita masih jauh ke depan, kita harus berusaha lebih baik dan lebih baik lagi,” ujar Masli.

Dalam kesempatan itu Masli, juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan berpartisipasi  di dalam  membangun fasilitas depo MTCon 2 itu.

“Dan satu hal lagi yang paling penting dan tidak boleh diabaikan adalah bagaimana kita menciptakan suasana yang aman kondusif dan damai di lingkungan ini, jangan sampai timbul masalah-masalah yang misalkan ada yang merasa terganggu dengan adanya depo ini, saya kira suasana itu merupakan faktor yang sangat penting untuk kita bisa ciptakan, Karena dalam keadaan damai sejahtera insya-Alah, rezeki kita akan melimpah berlipat ganda kepada kita semua,” Harap Masli.

Hal senada dikemukakan David Batubara, wakil Dirut PT Saudera Indonesia Tbk. Menurutnya, pembukaan depo baru itu untuk memenuhi permintaan klien yang selama ini sudah bekerja sama. Dan fasilitas ini untuk mencukupi kebutuhan depo yang terus bertambah seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia umumnya.

“Permintaan customer itu antara lain dari APL, Hapag, Mersk Line dan lainnya, dimana selama ini kontener-kontener  mereka ada di depo yang lama (MT Con 1) yang ada di Jl.Kalibaru Barat, yang akan akan pindahkan sedikit demi sedikit ke MT Con 2 ini,” ungkapnya.

Kemudian, kata David, pembukaan MTCon 2 ini juga akan menyonsong pemngembangan pelabuhan (terutama) pelabuhan Tg Priok yang akan dikembangkan ke Kalibaru Utara,” katanya.

100 Milyar 
Sementara berkenaan dengan nilai investasi pembangunan Depo Kontener MTCon 2, yang memiliki kapasitas hgingga 8000 TEUs itu, diperlukan biaya (investasi) hingga miliaran rupiah.

“Mulai dari pembebasan lahan seluas 10 hektar hingga pembangunan MTCon 2 diperlukan investasi Rp.100 Milyar lebih,” kata Armanto, General Manager PT MTCon.

Diungkapkan Armanto , kedepan lahan Depo MTCon 2, akan terus diperluas, sehingga betul-betul bisa menjamin kebutuhan pasar. “Sebab depo dengan luas hanya 10 hektar itu tidak terlampau besar, sehingga kedepannya akan kami perluas lagi ke arah selatan atau ke arah timur,”ujarnya.

Sehingga kata Armanto, depo MTCon 2 ini, nantinya tidak saja menerima kontener-kontener emty tetapi juga untuk kontener isi. ”Namun untuk tahap awal, kita akan melayani kontener emty dulu, dengan syarat kontener yang cepat mobilisasinya (segera diambil) oleh pemiliknya. Sebab, kalau kontener terlalu lama mengendap di depo, bukan saja bagi kita, kepada pemilik (kontener) juga tidak akan bagus (dari sisi pendapatan). Jadi mobilitasnya, harus bagus, maksimal 14 hari kontener emty sudah harus diambil oleh pemiliknya,”ujarnya. (Jp).

Data  PT. Masaji Tatanan Container (MTCon)  : 
1. Established in 1991
Subsidiary company of Samudera Indonesia Group
Network services at Jakarta, Surabaya, Semarang, Belawan, Makasar and    
Panjang
Computerized inventory management systems by IDMS (Integrated Depo  
Management System)

2. Capabilities to manage dry container, open top, flat rack, reefer, tank tainer
Nationwide container depot network
Modern and international container depot  :
-  Jakarta: 120,000 m2
-  Surabaya: 74,000 m2
-  Semarang: 50,000 m2
-  Belawan: 50,000 m2
-  Makasar: 25,000 m2
-  Panjang: 8,000 m2

3. Our Services
- Lift On/Off
- Storage
- Repair
- Cleaning
- Trucking
- Garment On Hanger
- Porta Camp
- Reefer Service
- Genset Rental


oOo

 

Add comment


Security code
Refresh

JURNAL BISNIS

INFO NIAGA

Turunkan Dwelling Times, TPK Koja Terapkan Sistem Cargolink

Turunkan Dwelling Times, TPK Koja Terapk…

Guna menurunkan dwelling times, manajemen TPK Koja, sejak beberapa bulan terakhir menerapkan Sistem Cargolink, sistem yang terintegrasi dengan seluruh... Read more

Menteri BUMN Ganti Direksi KBN

Menteri BUMN Ganti Direksi KBN

JAKARTA-Jurnalpublik.com-Setelah melalui mekanisme RUPS LB PT KBN (Persero) 5 November lalu, yang mengacu pada Surat Menteri BUMN No.SR-557MBU/2012 perihal perubahan... Read more

YAD Dirikan TK Nurur-Ridho

YAD Dirikan TK Nurur-Ridho

JAKARTA (Jurnalpublik.com) - Sudah menjadi komitmen Segenap Pengurus Yayasan Ario Danurwendo (YAD), yayasan yang bergerak dibidang sosial dan pendidikan, untuk...