Jakarta, Jurnalpublik.com – Mantan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mencoba mengulas permasalahan terkait virus corona covid-19 yang sedang menjadi pandemi di Indonesia dan dunia saat ini.

Menurut Fahri, permasalahan utama kita saat ini terkait pandemi virus corona covid-19 adalah data yang tidak kredibel.

“Saya ingin mengulangi apa yang sudah pernah saya sarankan kepada pemerintah bahkan saya juga waktu bertemu dengan presiden Jokowi saya ngomong langsung, problem kita adalah, sampai kemarin, atau sampai barusan saja saya membaca berita-berita, problem kita adalah dengan data dan kredibilitas data,” kata Wakil Ketua Partai Gelora Indonesia ini (11/9/2020).

Menurut Fahri, kredibilitas data kita dipertanyakan, mulai dari data penduduk, data orang miskin, data pemilih, dan data sensus.

“Rasanya cara kita mengambil data masyarakat, jangankan data covid yang masih sporadis seperti ini ya, data penduduk saja, data orang miskin, data pemilu, data sensus kita itu bermasalah,” tutur Fahri.

“Kredibilitas data kita dan kredibilitas penyimpanan data kita bermasalah,” tegas Fahri.

Begitu juga saat ini, menurut Fahri, data orang yang terinfeksi virus corona covid-19 juga bermasalah.

“Bagaimanatah lagi kita itu membaca jumlah orang terinfeksi virus yang virusnya itu tidak kelihatan, jumlah orang miskin yang kelihatan saja kita nggak tahu bagaimana cara menghitungnya secara baik,” ujar Fahri.

Jadi, menurut Fahri solusi bangsa kita saat ini untuk menghadapi pandemi virus corona covid-19 adalah membenahi pendataan kita.

“Jadi sekali lagi semua ini harus dimulai dengan membangun kredilitas data,” tutur Fahri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.