Yogyakarta, Jurnalpublik.com – Bertempat di Villa Pakem Valley, Sabtu 05 September 2020, BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) DIY melaksanakan rapat evaluasi semester 3. Rapat evaluasi ini dihadiri oleh Komandan BTB DIY, Wakil Komandan serta pengurus BTB DIY periode 2019-2021. Acara ini akan berlangsung sampai hari Minggu tanggal 06 September 2020. Acara dimulai dengan pembukaan serta tilawah al-Qur’an.

Sambutan disampaikan oleh Komandan BAZNAS Tanggap Bencana DIY, Drs. H. Agus Sunarto, MBA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat melaksanakan evaluasi kepada BTB DIY agar ke depan BTB DIY semakin berkembang. “Ke depannya juga perlu dibuat database atau album identitas semua anggota BTB serta dokumentasi untuk dibuat sebuah buku,” ungkap Agus Sunarto. Beliau juga menjelaskan bahwasannya BTB merupakan salah satu lembaga program dari 12 lembaga program yang ada di BAZNAS. Agus Sunarto juga berharap BTB DIY semakin terampil dalam merespon kebencanaan.

Wakil komandan BTB DIY, Edo Segara juga menyampaikan beberapa hal diantaranya:
Rencana penguatan kelembagaan di tingkat Kabupaten/Kota. Sehingga BTB DIY hanya akan mengkoordinir Kabupaten/Kota. Di akhir tahun juga BTB DIY rencananya akan mengadakan rekruitmen anggota baru. Dalam evaluasi ini juga mengevaluasi kerja-kerja BTB yang telah dilakukan beberapa bulan yang lalu.

Dalam rapat evaluasi ini juga dihadiri oleh Ketua BAZNAS DIY, Dr. H. Bambang Sutiyoso, SH, M. Hum. Pak Bambang mengutarakan periodesasi Pimpinan BAZNAS DIY dan kota akan berakhir bulan Desember 2020. Beliau juga memberikan apresiasi kepada BTB DIY atas respon serta mitigasi bencana yang sudah dilakukan selama ini. Selanjutnya beliau menjelaskan BTB DIY bersifat semi otonom dalam hal organisasi di bawah naungan BAZNAS DIY. Berbagai fasilitasi serta anggaran dari BAZNAS DIY meskipun alokasinya masih terbatas, diharapkan bisa dimaksimalkan oleh BTB DIY. Terkait peralatan, secara bertahap BAZNAS DIY juga akan mengupayakan menyediakannya.

Bambang Sutiyoso juga menyampaikan bahwa relawan merupakan panggilan hati. Maka dengan berjalannya waktu pasti akan terjadi seleksi alam. Maka itu perlunya register ulang untuk menyeleksi komitmen relawan BAZNAS DIY. Selain itu perlu ditingkatkan profesionalisme serta ketrampilan dalam kebencanaan. Dalam profesionalisme perlu memiliki kompetensi seperti knowledge, skill, ethics (aturan hukum serta aturan syar’i ) dan humanis. Tak lupa beliau mengingatkan dalam kondisi Pandemi ini tetap menjaga protokol kesehatan saat bertugas.

Dalam rapat evaluasi ini selain mengevaluasi kegiatan serta program yang telah berjalan, juga fokus membahas penguatan BAZNAS Tanggap Bencana di setiap Kabupaten dan Kota agar lebih aktif kembali sehingga BTB DIY sebagai koordinator kabupaten dan kota.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.