Sembari membawa kartu keluarga (KK) dan e-KTP nya, Imam Syafi’i pun mendatangi kantor Kecamatan Gubeng. Imam yang diketahui bertempat tinggal di Baratajaya, pergi ke Kantor Camat guna membetulkan dua berkas tersebut.

“Sebagai penggantinya, saya diberi surat keterangan (suket),’’ ujar Imam.

Seperti diketahui bersama, Suket sendiri hanya berlaku dalam jangka waktu enam bulan, setelahnya mesti diperpanjang lagi dengan tenggat waktu serupa.

“Saya mengurusnya untuk membuat surat keterangan tak mampu (SKTM). Anak saya sakit. Butuh bantuan pengobatan,” sambungnya.

Imam tak sendiri, karena Sujarti juga tengah mengurus hal yang sama, yakni perbaikan e-KTP.

“Saya mengurus perbaikan e-KTP ibu saya. Saya ingin pindah alamat ke Surabaya. Persyaratannya, harus ada e-KTP ibu saya,” jelas perempuan yang tinggal di Sidoarjo itu.

Dilansir dari Jawa pos.com, Staf Kasi Pemerintahan Kecamatan Gubeng Romadon Andi Susanto mengatakan, bahwa kekosongan blangko e-KTP terjadi sejak April tahun lalu. Artinya, ketiadaan blangko sudah terjadi selama setahun lebih.

“Belum ada arahan sampai kapan blangko tersedia lagi. Kami maksimalkan pembuatan suket dan barcode saja,” ujar Romadon.

“Sejak April 2019 – Januari 2020, kami mendata ada 4.495 orang yang menunggu daftar cetak,” ucapnya.

Di sisi lain, Kasi Pemerintahan Kecamatan Tambak Sari Etty Koeswinarti juga menuturkan hal yang sama, bahwa di wilayahnya juga terdapat 8.066 orang yang menunggu jadwal cetak sejak April 2019–Januari 2020.

“Kami melakukan solusi seperti kecamatan lain,” jelasnya.

Saat ini pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Dispendukcapil mengenai kapan blangko kembali tersedia.

“Kalau sudah ada arahan, kami akan selesaikan dengan cepat,” tambahnya.

Selain Gubeng dan Tambaksari, ribuan warga Kecamatan Mulyorejo serta Rungkut juga mengalami persoalan yang sama. Terdapat 20.867 orang di empat kawasan tersebut yang sementara ini hanya memegang suket.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Mulyorejo M. Maki menyebutkan, banyak warga yang mengeluh. Mereka datang berkali-kali untuk menanyakan kejelasan pembuatan e-KTP.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.