Usman Sidik bersama warga Halsel pada kunjungan di Kecamatan Obi, Halsel.

Kesejahteraan Guru Honorer di Halmahera Selatan memang sangat rendah. Hal tersebut disampaikan oleh Usman Sidik selaku Calon Bupati Halmahera Selatan saat menghadiri silahturahmi di Kecamatan Obi.

“Kesejahteraan guru honorer selama ini masih rendah. Tapi kita tak bisa berbuat apa-apa karena ada PP (Peraturan Pemerintah) nomor 48 yang melarang Pemda mengangkat guru honor,” jelas Usman Sidik.

Tetapi, Usman Sidik tetap akan perjuangkan nasib guru honorer dengan cara meningkatkan kualifikasi guru honorer agar lebih terarah.

“Kualifikasi Guru Honorer juga menjadi kendala. Misalnya, lulusan pertanian ngajar bahas inggris, lulusan agama ngajar olahraga. Ini yang jadi kendala, nah itu akan kita kualifikasi dengan menyalurkan dengan bidangnya masing-masing,” jelas Usman Sidik.

Usman Sidik juga menyampaikan bahwa dirinya menyarankan Guru Honorer agar menjadi Guru yayasan.

Sehingga dapat mengikuti proses sertifikasi Guru.

“Saya sarankan guru honorer itu masuk ke yayasan, sehingga guru honorer yang kerja di yayasan dapat mengikuti proses sertifikasi dengan demikian akan mendapat tambahan biaya per bulannya,” jelas Usman Sidik.

Upaya lainnya dalam peningkatan kesejahteraan guru honorer. Yakni dengan mencanangkan program pendidikan Gratis yang akan diwujudkan Usman Sidik.

Menurut Usman Sidik, dengan demikian Guru Honorer anggarannya dapat diatur oleh APBD.

“Program pendidikan gratis yang saya canangkan akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan honor Guru. Jadi nantinya, APBD pendidikan yang diatur termasuk juga biaya pendidikan dan biaya Guru,” jelas Usman Sidik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.