Jurnalpublik.com – Pada pertandingan final liga champions 2018 yang digelar di Kiev Ukraina pada Sabtu (26/05/2018) waktu setempat.

Real Madrid berhasil mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Liverpool dengan skor telak 3-1.

Dengan kemenangan ini maka Madrid menorehkan sejarah hattrick sebagai juara liga champions.

Pertandingan berjalan imbang pada awal babak pertama. Liverpool maupun Los Blancos silih berganti menciptakan kesempatan demi kesempatan mencetak gol. Namun Mo Salah dkk lebih agresif dalam menciptakan kemelut di kotak penalti Madrid.

Diluar dugaan Liverpool harus kehilangan pemain tumpuannya di babak pertama. Klopp terpaksa menarik Mohamed Salah di menit ke-31 akibat cedera bahu setelah adu fisik dengab Sergio Ramos. Bintang Liverpool kelahiran Mesir itu terlihat meneteskan air mata menahan sakit ketika meninggalkan pertandingan.

Hanya enam menit berselang, giliran Madrid yang harus menarik pemainnya. Adalah Carvajal juga menitikan air mata akibat kesakitan. Pemain bertahan Madrid ini kembali menderita cidera.

Pasca ditinggal Mo Salah. Liverpool mulai kesulitan menggempur pertahanan Madrid. Permainan Madrid di lini tengah pun mulai bisa lebih krearif dalam menerobos lebih ke depan.

Absennya Salah membuat Marcelo mampu lebih agresif membantu serangan.

Gol-gol Madrid di fase sebelumnya dalam Liga Champions musim ini sering dimulai dari pergerakan Marcelo. Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, tim asuhan Zidsane meningkatkan tempo permainan hingga merepotkan The Reds.

Gol perdana Madrid pun tercipta di menit ke-50. Karius membuat blunder fatal saat membuang bola. Berhadapan satu lawan satu dengan Karim Benzema, Karius tak sadar membuang bola kepada Benzema.

Bola pun terpental dan meluncur masuk ke gawang kosong. Real madrid 1 – Liverpool 0.

The Reds tidak tinggal diam setelah tertinggal satu gol. Tim asuhan Klopp menerapkan gegenpressing yang membuat Madrid kembali kesulitan mengembangkan permainan.

Adalah Sadio Mane yang akhirnya berhasil menyeimbangkan kedudukan pada menit ke-54. Mane berhasil memanfaatkan kemelut didepan gawang Keylor Navas hasil dari tendangan sudut. Real Madrid 1 – Liverpool 1.

Pada menit ke-61 Zidane memutuskan untuk menarik keluar Isco dan memainkan Bale. Formasi Madrid berubah menjadi 4-3-3.

Baru saja dua menit merumput, Bale membuktikan bahwa dirinya adalah bintang Real Madrid. Bale membuat gol salto atraktif di menit ke-63 hasil dari umpan lambung Marcelo. Penonton riuh. Real Madrid 2 – Liverpool 1.

Gareth Bale mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya pada menit ke-80. Bale melakukan tendangan spekulasi keras jauh di depan kotak penalti Liverpool.

Karius membuat blunder lagi dengan mencoba menangkap lesatan bola keras tersebut. Bola yang kemudian terlepas dari tangannya pun merobek gawang Liverpool.

Karius tertunduk lesu menyesali kesalahannya. Real madrid 3 – Liverpool 1.

Real Madrid mendominasi sebanyak 61% penguasaan bola selama pertandingan. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiup, skor 3-1 tak bergeming untuk keunggulan Madrid.

Susunan Pemain.

Real Madrid (4-3-1-2): Navas; Marcelo, Varane, Ramos, Carvajal (Nach  37′); Kroos, Modric, Casemiro; Isco (Gareth Bale 61′); Benzema (Marco Asensio 89′), Ronaldo.

Liverpool (4-3-3): Karius; Robertson, Lovren, van Dijk, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Milner (Emre Can 83′), Henderson; Salah (Lallana 31′), Firmino, Mane.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda!
Silahkan isi nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.